Blogger Tricks

0

Save The Earth: Seni Dari Limbah Sampah

Riau Pos - For Us Selasa, 06 Desember 2011



Siswa siswi SMA N 1 Pangkalan Kerinci jum’at(25/03) melakukan kegiatan rutin yang sebelumnya fakum karena disibukakan dengan ujian lokal. Kali ini mereka mengumpulkan hasil karya seni yang dibuat menjadi hiasan yang bernilai tinggi, bahan baku utama yang digunakan adalah limbah sampah kertas maupun plastik yang sudah tidak digunakan lagi.
Menurut Salmiyati, M.Pd selaku Pembina, mengungkapkan bahwa” kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang bersepakat untuk mengurangi sampah kertas maupun plastik yang ada si sekitar kehidupan kita, menjadikan sampah tersebut menjadi karya seni yang bernilai tinggi dan menjadikan motifasi bagi siswa siswi SMA N 1 Pangkalan Kerinci untuk dapat memanfaatkan sampah di sekeliling mereka, agar sampah yang bertebaran dapat terkurangi dengan memunculkan karya seni”.
Dalam pengolahan ini mereka tidak merasa terbebani, karena dalam proses pembuatan atau pengolahan sampah tersebut, dikerjakan secara individu maupun berkelompok. Dan dalam penyelesaiannya diberi waktu sekitar 1 – 2 minggu, sehingga mereka bisa membuat serapi dan seindah mungkin, serta mereka pun tetap bisa belajar dengan tenang dan tidak merasa terbebani.
Menurut anggota Beesa Ari aditnya,” kegiatan ini sangat bagus sekali karena dapat mengurangi sampah yang merusak pemandanga, seperti misalnya sampah yang saya olah adalah bekas pipet yang sangat mudah dijumpai di katin kantin sekolah, sampah tersebut biasanya dibuang saja dan dibakar tapi sebanarnya masih bisa di manfaatkan”.
“ Pemanfaatanya cukup mudah, kita kumpulkan sampah pipet tersebut kemudian bersihkan dengan air dan pilih warna yang menarik, kemudain bisa kita bentuk menjadi bingkai photo, dengan menyusunnya secara rapai. Dan bisa juga dijadikan bunga hias yang menarik dan dapat dipajangkan diruangan rumah maupun disekolah”. Tambah ari yang sedang asik membuat bingkai photo.
Dan rencanaya koleksi ini akan betambah banyak, karena kemauan siswa sma n 1 pangkalan kerinci masih tinggi untuk peduli dengan sampah. Maka dari itu kegiatan ini harus di dukung oleh sekolah, khususnya Kepala Sekolah SMA N 1 Pangkalan Kerinci.




0 komentar:

Poskan Komentar