Blogger Tricks


0

Info Green: Kunyit Pelindung dari Sinar Matahari

Riau Pos - For Us Rabu, 14 Desember 2011

Kunyit (Curcuma longa) termasuk salah satu tanaman herba berimpang dari keluarga jahe-jahean (Zingiberaceae) asli dari wilayah Asia Tenggara. Kunyit ini dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal. Orang Inggris menyebutnya Turmeric, Belanda memanggilnya dengan Kurkuma, di Indonesia dan Malaysia biasa disebut kunyit, serta dalam bahasa Jawa disebut Kunir dan dalam bahasa Sunda disebut Koneng. Senyawa kimia yang terkandung di dalam kunyit ini adalah kurkumin yaitu sejenis senyawa polifenol dan minyak atsiri.
            Bagian yang banyak digunakan dari tanaman ini adalah bagian rimpangnya. Digunakan secara luas dalam bidang makanan, contohnya gulai dan kari. Zat Warna kuning (kodenya E100) dari kunyit juga dimanfaatkan untuk melindungi produk makanan terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu kunyit ini juga bisa digunakan untuk obat seperti

Diabetes mellitus
Bahannya 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh garam. Cara membuatnya yaitu kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.
Tifus
Bahannya 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. Cara membuatnya yaitu semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan disaring. Diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut.
Usus buntu
Bahannya 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren. Garam secukupnya. Cara membuatnya yaitu Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Diminum setiap pagi setelah makan, secara teratur.
Disentri
Bahannya 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya. Cara membuatnya yaitu semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Diminum dan diulangi sampai sembuh.
Sakit Keputihan
Bahannya 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa/aren. Cara membuatnya yaitu semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring. Diminum 1 gelas sehari.
Amandel
Bahannya 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu. Cara membuatnya Kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat, diaduk sampai merata dan disaring. Diminum secara rutin 2 hari sekali.

0 komentar:

Posting Komentar