Blogger Tricks


0

Info Green: Hari Puspa dan Satwa Nasional 2011

Riau Pos - For Us Selasa, 13 Desember 2011



Setiap tanggal 5 November diperingati sebaga hari Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) yang dimulai sejak tahun 1993. Dan untuk tahun ini, diusung tema “Lestarikan Puspa dan Satwa untuk Keberlanjutan Kehidupan”, dengan sub tema “Selamatkan Keanekaragaman Hayati Perkotaan”.
Bunga Tetepok (Nymphoides indica (L.) OK) ditetapkan sebagai puspa nasional untuk taun 2011 ini. Sementara untuk satwa nasional diberikan kepada Katak Api (Leptophyre kruentata tschudi). Pemilihan ini berkaitan dengan tema ekosistem perairan tawar flora dan fauna.
Bunga Tetepok merupakan tumbuhan air yang patut dibudidayakan dan masih famili dengan teratai. Keunikannya membuat tumbuhan ini hanya dapat berkembang di habitat tertentu yang dikhawatirkan kepunahannya. Bunga Tetepok diperkenalkan sebagai salah satu tanaman air di perkotaan selain Lotus danTeratai. Di Kebun Raya Bogor, Bunga Tetepok yang dikembangkan berasal dari wilayah Sumatera dan Jawa.
Sementara itu Katak Api berperan sangat penting sebagai indikator pencemaran lingkungan. Tingkat pencemaran lingkungan pada suatu daerah dapat dilihat dari jumlah populasi katak yang dapat ditemukan di daerah tersebut. (afra-gsj/int/new)

0 komentar:

Posting Komentar