Blogger Tricks


0

Info Green: Warna Mobil Bisa Hemat Bahan Bakar

Riau Pos - For Us Selasa, 13 Desember 2011



            Warna seperti tidak terlepas dalam kehidupan kita. Dan terkadang untuk membeli suatu barang, kita juga berpatokan pada warnanya, karena warna ini berhubungan dengan selera.
            Nah, begitu juga yang terjadi ketika seseorang itu memutuskan untuk membeli mobil yang terkadang juga memperhitungkan masalah warnanya. Akhir-akhir ini warna putih menjadi tren tersendiri, karena terkesan bersih dan cerah. Sedangkan hitam memberikan kesan elegan dan berkelas. Apapun warnanya itu perlu diketahui bahwa warna menyumbang penghematan bahan bakar mobil anda.
            Menurut hasil riset yang dipublikasikan di jurnal Applied Energy, warna putih atau silver justru menjadikan mobil lebih efisien dalam pemekaian bahan bakar. Penelitinya adalah Ronnen Levinson dan koleganya dari institusi riset Berkeley Lab Environmental Energy Technologies Division (EETD), Amerika Serikat. Mereka menggunakan dua mobil Honda Civic yang diparkir menghadap ke selatan selama satu jam. Dan setelah diukur, hasilnya mobil silver memiliki suhu udara dalam kabin lebih rendah 5-6 °C dibandingkan mobil berwarna hitam yang berarti juga menghemat bahan bakar sebesar 2 persen. Berkat ini emisi karbondioksida dan emisi gas lainnya juga turun 1,9 persen dan 1 persen. (afra-gsj/int/new)

0 komentar:

Posting Komentar