Blogger Tricks


0

Info Green: Kehangatan Jahe

Riau Pos - For Us Rabu, 14 Desember 2011


Siapa yang tidak kenal dengan Jahe. Tanaman rimpang yang populer digunakan sebagai bahan obat dan masakan. Tanaman bernama latin Zingiber officinale ini berbentuk jemari yang menggembung dengan ruas ditengahnya. Pedas adalah rasa yang dominan pada tanaman ini, dikarenakan sebuah senyawa keton yang bernama zingeron.
            Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun, banyak juga yang mempercayai jahe berasal dari Cina Selatan. Pada zaman kolonialisme, jahe ini digunakan untuk memberi rasa hangat dan pedas pada makanan serta menjadi komoditas yang populer di Eropa.
            Tanaman ini hanya bisa bertahan hidup di daerah tropis dengan ketinggian 0 hingga 1500 meter di atas permukaan laut. Kecuali jahe gajah yang bisa hidup di ketinggian 500 hingga 950 meter di atas permukaan laut.

            Terdapat tiga jenis jahe yang populer di pasaran yaitu jahe gajah, jahe kuning dan jahe merah. Beragam cara dilakukan orang untuk merasakan kehangatan tumbuhan jenis rimpang ini. Salah satunya yang paling famous adalah wedang jahe. Jika Anda ingin membuat wedang jahe yang enak dikala udara dingin tidak menentu, berikut resep for us, dan ramuan jahe lainnya:


Wedang Jahe
2 buah Jahe dimemarkan, 1 liter air/sesuai selera, 100 gr gula pasir, 1 lembar daun pandan wangi, dipotong-potong. Cara membuat: Semua bahan dicampur menjadi satu, kecuali air direbus sampai mendidih, masukkan bahan tersebut aduk sampai gulanya larut, dan pandannya menjadi layu, cicipi bila kurang manis tambahkan gula. Dihidangkan dalam keadaan hangat.

 

Batuk
Cuci bersih 3 rimpang jahe sebesar ibu jari. Kemudian rebus dengan 2 gelas air. Lalu, didihkan hingga tinggal 1 gelas. Minumlah air rebusan jahe 2 kali sehari, pagi dan sore.

Kepala Pusing
Ambil 3 rimpang jahe sebesar ibu jari, kemudian cuci sampai bersih. Seduh dengan 1 gelas air dan tambahkan sedikit madu atau gula aren. Minum ramuan tersebut 1 gelas sekaligus.

Rematik
Cuci bersih, bakar kemudian parut 3 rimpang jahe sebesar ibu jari. Tempelkan parutan jahe bakar ini pada bagian tubuh yang diserang rematik.

Masuk Angin
Ambil 3 rimpang jahe sebesar jahe sebesar ibu jari, memarkan. Kemudian masukkan ke dalam 2 gelas air bersih, tambahkan sedikit gula aren. Lalu didihkan selama 15 menit hingga airnya tinggal separuh. Saring dan minum selagi hangat, lakukan 2 kali sehari.



0 komentar:

Posting Komentar