Blogger Tricks


0

Green Techno: Tebu Bantu Turunkan Temperatur Bumi

Riau Pos - For Us Selasa, 13 Desember 2011




Bahan bakar bio komersila sangat populer akhir-akhir ini, dan kebanyakan dari bahan bakar bio komersial dibuat dari tanaman pangan. Salah satunya yaitu tebu. Tebu mengandung air dan gula sehingga dimanfaatkan untuk membuat bio-ethanol yang juga digunakan sebagai bahan bakar bio.
Tapi, ternyata tebu juga mempunyai dampak positif untuk menurunkan suhu udara. Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim riset dari Carnegie Institution for Science.
Scott Loarie, pemimpin studi terhadap tanaman tersebut menambahkan bahwa tebu melepaskan kelembaban udara lebih banyak dibandingkan tanaman lain sebagai bagian dari proses fotosintesa. Tebu menyerap air dari tanah dan menyimpannya di dalam seluruh batangnya bersama dengan gula. Ketika melakukan fotosintesa, tebu mengeluarkan sebagian dari kandungan air untuk melembabkan udara di sekitarnya dan mengurangi panas yang terjadi.
Selain itu pelepasan kelembaban ini menambah kandungan uap air di udara. Kondisi ini secara tidak langsung juga menghasilkan efek pemantulan sinar matahari. Hasil riset tersebut juga dipublikasikan di jurnal Nature Climate Change. (afra-gsj/int/new)

0 komentar:

Posting Komentar