Blogger Tricks


0

Info Green: “Si Buruk Rupa” yang Berkhasiat

Riau Pos - For Us Rabu, 14 Desember 2011



Manggis merupakan salah satu buah yang berasal dari hutan tropis yang ada di kawasan Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia. Memiliki kulit yang tebal dan berwarna merah keunguan ketika matang. Tapi, di balik kulitnya yang “buruk rupa” ini terdapat buah yang putih bersih.
Dari Asia Tenggara, tanaman ini menyebar ke daerah Amerika Tengah dan daerah tropis lainnya seperti Srilanka, Malagasi, Karibia, Hawaii dan Australia Utara. Di Indonesia manggis disebut dengan berbagai macam nama lokal seperti Manggu disebut di Jawa Barat, Manggus panggilannya di Lampung, Manggusto untuk Sulawesi Utara, serta Manggista di Sumatera Barat.
Manggis dalam perdagangan dikenal sebagai “ratu buah”, sebagai pasangan durian, si “raja buah”. Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera.
            Walau memiliki kuliat yang buruk rupa, manggis ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh manusia, di antaranya:

Membuang Asam Urat
Ini bagi penderita Reumatik dengan cara mengambil kulit buah manggis. Kemudian diiris kecil. Lalu dijemur sampai kering. Siapkan satu gelas air panas, celupkan 2-3 iris kulit buah manggis kering tadi, minum ramuan setelah hangat dan warna air jadi ungu. Rasa agak sepet enak.

Menghilangkan Rasa Sakit
Buah manggis ini juga berkhasiat mengurangi atau menghilangkan rasa sakit. Seorang dokter di Amerika Serikat mengaku mengganti obat-obatan penghilang rasa sakit yang diderita di lehernya dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin.

Memelihara Kemampuan Mental
Gangguan atau kerusakan otak yang sekarang banyak dialami manusia adalah demensia, Alzherimer, Parkinson, dan lain-lain yang merusak sistem syaraf pusat. Untuk mencegah hal ini, disarankan mengkonsumsi buah manggis yang banyak mengandung zat antioksidan. Zat ini juga mencegah mental degeneration (penurunan kemampuan mental).(afra-gsj/int/new)

0 komentar:

Posting Komentar