Blogger Tricks


0

Our Green Inspiration: Gaylord Nelson ,The Man from Clear Lake

Riau Pos - For Us Senin, 05 Desember 2011


Teman-Teman tahukah kalian kapan Hari Lingkungan Hidup se-dunia? Ya, Hari ini adalah hari lingkungan hidup se-dunia. Nah, menurut sejarahnya hari Lingkungan Hidup ini dicetuskan pada tahun 1972. Salah seorang yang cukup berjasa sehingga hari Lingkungan Hidup ini bisa ada adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat pada masanya. Penasaran dengan kisah hidupnya? Berikut sekelumit kisah hidup Gaylord Nelson.

            Sebenarnya hari Lingkungan hidup itu ada karena rangkaian dari kegiatan lingkungan yang dilakukan oleh Gaylord Nelson sejak dua tahun sebelumnya yaitu tepatnya tahun 1970 ketika Gaylord Nelson memproklamasikan hari Bumi. Hal ini dikarenakan Nelson melihat betapa tercemar dan kotornya bumi akibat dari ulah manusia. Nelson ini disejajarkan dengan Al Gore, Karson Coker, and Steve Irwin.
            Pemilik nama lengkap Anton Gaylord Nelson ini merupakan seorang politikus Amerika dari Wisconsin. Bapak tiga anak ini adalah seorang Demokrat. Nelson lahir pada tanggal 4 Juni 1916 dan meninggal pada tahun 2005 tepatnya tanggal 3 Juli.
            Nelson sangat bersemangat dengan sesuatu yang berhubungan dengan lingkungan. Sehingga dia melakukan perjalanan yang dikenal dengan Tour Konservasi bersama Presiden John F Kennedy pada tahun 1963.
            Nelson tumbuh dan dibesarkan di daerah Clear Lake. Lalu dia sekolah di sekolah umum Danau Clear. Kemudian Nelson lulus dari universitas yang sekarang dikenal dengan San Jose State University di San Jose, California tahun 1939. Terakhir dia melanjutkan di University of Wisconsin Law School.
            Sebuah apresiasi diberikan kepada Nelson untuk kecintaannya terhadap lingkungan yaitu dengan pengabadian namanya pada sebuah institut lingkungan hidup yang dikenal dengan The Gaylord Nelson Institute for Environmental Studies di University of Wisconsin-Madison.
            Selain itu sebuah taman di daerah  Apostle Islands National Lakeshore juga dinamai seperti namanya yaitu Governor Nelson State Park. Nelson juga menerima penghargaan berupa Presidential Medal of Freedom pada September 1995 sebagai pengakuan atas semua yang dilakukannya untuk lingkungan.
            Nelson juga melihat bahwa stabilitas populasi suatu bangsa merupakan aspek penting dari environmentalisme. Hal ini termakub dalam kata-katanya “Semakin besar pendapatan suatu populasi maka akan menjadi masalah yang serius, karena itu kita harus mengatasi masalah populasi”.
            Selain itu Nelson juga menolak saran bahwa pembangunan ekonomi harus didahulukan setelah perlindungan lingkungan. Nelson meninggal karena gagal jantung pada usia 89 tahun. Seorang wartawan bernama Bill Christofferson menuliskan biografi tentang dirinya “The Man from Clear Lake” yang diterbitkan pada tahun 2004 oleh University of Wisconsin Press.

Biodata
Nama Lengkap : Anton Gaylord Nelson
TTL                             : Clear Lake, Winsconsin - 4 Juni 1916
Nama Istri                    : Carrie Lee Dotson
Nama Anak                  : Gaylord, Jeffrey dan Tia
Riwayat Pendidikan      :
-         Sekolah Umum Danau Clear
-         San Jose State University





0 komentar:

Posting Komentar