Blogger Tricks


0

Our Green Inspiration: Sariban , 28 Tahun Bersama Sampah

Riau Pos - For Us Senin, 05 Desember 2011

            Siapa yang tidak kenal dengan Kota Bandung yang terletak di Kabupaten Jawa Barat. Sebuah kota wisata yang memiliki alam asri dan sejuk. Bahkan Bandung juga dijuluki sebagai “Paris Van Java”. Namun, dibalik keindahan kota bandung ternyata ia juga memiliki masalah, terutama sampah yang seringkali menumpuk di tepi-tepi jalan. Tentu sangat tidak sedap dipandang mata.
Tapi, keberuntungan masih berpihak pada kota Bandung dengan adanya Sariban, seorang pria renta yang merupakan pensiunan pegawai negeri sipil. Setiap harinya Sariban rela berpatroli mengelilingi salahs satu ruas jalan yang ada di kota Bandung yaitu jalan pahlawan. Dengan semangat ia membersihkan sampah-sampah yang ada serta mencabuti paku-paku yang menancap di pohon-pohon yang ada di tepi jalanan kota Bandung.
            Berbekal sepeda tuanya Sariban tak kenal lelah menyusuri jalanan tersebut. Bahkan sesekali ia juga berorasi di pinggir jalan, seperti meneriakkan kata-kata mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini dilakukannya sejak 28 tahun yaitu sejak tahun 1983. Tekadnya cuma satu menjadikan jalanan umum bisa asri, bebas dari sampah, serta air selokan mengalir dengan jernih.
            Memang beberapakali tanggapan negatif kerap menghampiri Sariban, seperti ejekan orang-orang yang menganggapnya tidak waras. Namun, hal tersebut tidak meruntuhkan niat Sariban untuk tetap menjaga jalanan dari sampah yang ada.
            Kini, kerja kerasnya sudah mulai di apresiasi oleh masyarakat sekitarnya. Tak sedikit orang yang mulai peduli dan memberikan sedikit uang sebagai tanda jasa atas jerih payahnya tersebut.  Badannya boleh saja kecil, namun semangatnya melampaui siapa pun yang mengaku peduli lingkungan. Karena itu sepatutnya kita mencontoh sikap Sariban sehingga bisa tercipta lingkungan asri dan bersih di seluruh kota yang ada di Indonesia ini. Yuk, buang sampah pada tempatnya.

Biodata
Nama Lengkap : Sariban
TTL                             : Magetan (Jawa Timur), 8 Agustus 1943
Nama Istri                    : Sukiyem

0 komentar:

Posting Komentar