Blogger Tricks


0

Green Techno: LHC Ciptakan Materi Bertemperatur Ultra Tinggi

Riau Pos - For Us Senin, 12 Desember 2011



Para ilmuwan berhasil menciptakan ulang materi terpanas dan terpadat di Bumi yang temperaturnya mencapai 100 ribu kali lebih panas dibandingkan inti matahari.

Fisikawan menggunakan Large Haldron Collider (LHC) di CERN untuk menumbukkan dua ion timah berat pada kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Hasilnya, sebuah materi terpadat yang pernah ada di bumi yang termasuk kategori materi quark gluon plasma, materi yang tercipta beberapa milidetik setelah ledakan besar (big bang) 13,7 miliar tahun lalu.

Proses tumbukan dua ion itu juga menghasilkan panas sebesar 1,6 triliun derajat Celsius, temperatur yang 100 ribu kali lebih panas dibandingkan inti matahari. Materi yang terbentuk pun sangat padat sampai-sampai hanya lubang hitam yang bisa mengalahkan kepadatannya. "Kategori materi seperti ini tidak terdapat di bumi secara alamiah dan diyakini hanya terjadi saat tumbukan dua bintang netron," kata profesor Geoffrey Taylor dari University of Melbourne yang menjadi bagian tim ilmuwan yang terlibat di Atlas Detector LHC.

Geoffrey menambahkan, tumbukan itu juga menghasilkan anti-materi yang dapat membantu menyibak misteri mengapa kita hidup dalam semesta materi yang stabil saat jumlah materi dan anti-materi yang sama terbentuk ketika ledakan besar terjadi. 

Hasil riset tersebut dipaparkan pada Quark Matter Conference yang diselenggarakan baru-baru ini di Annecy, Prancis. Para ilmuwan yakin hasil riset ini dapat membantu mereka memahami evolusi alam semesta di masa awal pasca ledakan besar. (Sumber: Daily Galaxy)

0 komentar:

Posting Komentar