Blogger Tricks


0

Green Techno: Air Minum dari Knalpot Mobil Diesel

Riau Pos - For Us Senin, 12 Desember 2011


            Siapa di dunia ini yang tidak membutuhkan air, tentu tidak ada. Karena air merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Jika tubuh kekurangan cairan maka akan berdampak fatal.
            Dalam keadaan darurat sekalipun, seperti ketika perang. Kebutuhan tubuh kita akan air ini tetap harus terpenuhi. Karena itulah sekelompok ilmuwan Oak Ridge National Laboratory, sebuah lembaga riset di bawah Departemen Energi Amerika Serikat, mengembangkan satu salah satu teknologi yang bisa menjadi solusi permasalahan tersebut.
            Para ilmuwan tersebut memanfaatkan asap buang dari mesin diesel untuk menghasilkan air minum. Dengan konsep teknologi yang berangkat dari pembakaran bahan bakar hidrokarbon yang dalam proses oksidasinya menghasilkan karbon dioksida dan air.
            Air yang keluar dari saluran buang, kemudian dikumpulkan dan dikondensasi sebelum digunakan. Untuk mendapatkan air yang lebih bersih, tim ilmuwan tersebut juga menerapkan metode kapilerisasi dengan pori-pori mikro sebagai penyaringnya.
            Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, sebuah Humvee dengan tangki bahan bakar terisi penuh bisa menghasilkan air yang cukup bagi 3 orang. Militer AS pun tertarik untuk mendanai proyek ini agar bisa dikomersilkan, dan diperkirakan menyerap dana sebesar 6 juta US dolar. (afra-gsj/int/new)

0 komentar:

Posting Komentar