Blogger Tricks


0

Green Techno: Eco Whisper Turbine Turbin Angin yang Tidak Bising

Riau Pos - For Us Senin, 12 Desember 2011


            Turbin angin selalu identik dengan sesuatu yang berisik atau bising. Ini dikarenakan oleh adanya tiga bilah rotor yang berputar di turbin tersebut. Hal ini menyebabkan lokasi turbin angin selalu jauh dari pemukiman penduduk.

            Namun, sebuah perusahaan Australia, Renewable Energy Solutions Australia (RESA), belum lama ini berhasil mendemonstrasikan sebuah prototipe turbin angin yang diklaim paling tidak berisik di dunia. Hal ini berdasarkan desain yang mereka buat. Eco whisper turbine itulah namanya. Didesain dengan banyak bilah rotor yang saling dihubungkan dengan dua cincin pada bagian ujung bilah rotor dan di pertengahannya. Penambahan jumlah rotor sebanyak 30 buah dengan 2 cincin inilah yang bisa mengurangi bising yang dihasilkan oleh turbin angin tersebut.

            RESA juga mengklaim turbin anginnya yang berkapasitas 20 kiloWatt bisa menghasilkan energi listrik sebesar 45.000 kWh per tahunnya. Sayangnya RESA tidak secara jelas menunjukkan berapa persen kebisingan yang dihasilkannya dibandingkan dengan turbin angin lainnya. (afra-gsj/int/new)

0 komentar:

Posting Komentar