Blogger Tricks


0

Green Techno: Dua Pilihan Komputer Desktop Ramah Lingkungan

Riau Pos - For Us Senin, 12 Desember 2011


Pengembangan produk teknologi informasi yang ramah lingkungan kini makin gencar termasuk untuk kategori komputer desktop yang banyak dipakai kalangan pribadi maupun perusahaan. Di antara yang beredar di pasaran, tentu ada yang dinilai lebih ramah lingkungan ketimbang lainnya.
Buat Anda yang mulai menerapkan gaya hidup hijau, memilih desktop yang lebih ramah lingkungan bisa jadi pilihan. Setidaknya ada dua produk pilihan yang sudah mendapat audit oleh organisasi lingkungan Greenpeace. Keduanya adalah HP Compaq 6005 Pro Ultra Slim dan Fujitsu Esprimo E9900. Tapi, perlu dicatat keduanya termasuk desktop kelas bisnis.
Berdasarkan hasil Greenpeace Electronics Survei, HP Compaq 6005 Pro Ultra Slim merupakan dekstop dengan poin penilain tertinggi dengan meraih skor 6,06 dari 10 poin. Sementara Fujitsu Esprimo E9900 ada di posisi kedua dengan skor 5,65.
HP Compaq 6005 Pro Ultra Slim memiliki keunggulan dalam material yang digunakan. Bahan bakunya dinyatakan bebas PVC dan BFR, meski belum dinyatakan bebas dari beryllium, antimony, dan phtalate.
Fujitsu Esprimo E9900 sendiri meski memiliki kekurangan dalam hal material dibandingkan HP, namun memiliki kelebihan dalam hal penggunaan daya. Total skor yang diraih Fujitsu adalah 27,8, hanya 2,2 lebih rendah dari skor maksimum. Keunggulan Fujitsu Esprimo E9900 terutama pada energi yang digunakan dalam Off Mode, Sleep Mode, dan Idle Mode. Kategori Energy Star Fujitsu dan HP adalah B. Artinya, efisiensi energi baik, meski belum maksimal.
Penilaian dekstop ramah lingkungan ini didasarkan pada 4 kategori. Masing-masing adalah efisiensi daya, material yang digunakan, lifecycle produk, dan faktor inovasi. Produk lain bisa jadi lebih ramah atau bahkan masih menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Hanya saja, belum ada audit independen seperti dua produk di atas bukan?

0 komentar:

Posting Komentar