Blogger Tricks


0

Green Holic: MSDC Selami Dunia Bawah Air

Riau Pos - For Us Senin, 05 Desember 2011


                  INDONESIA merupakan negara maritim dengan 81 persen (setelah ditambah dengan zona ekonomi ekslusif) daerah territorialnya berupa perairan. Kesemua itu menyimpan kekayaan sumber daya yang tidak bisa dianggap enteng. Baik diatas permukaan maupun di bawahnya.
                  Dunia bawah air, menyimpan beragam potensi untuk dimanfaatkan. Terutama dalam persoalan lingkungan. Koral dan terumbu karang yang merupakan potensi bahwa air, merupakan media penyerap karbon yang besar.
                  Kesemua itu harus dijaga dan dirawat. Untuk menjaganya banyak cara dilakukan, mulai dari budidaya, pemugaran hingga transplantasi. Namun yang kami lakukan dalam community bahwa air kami adalah mempelajari dan meneliti dunia bawah air. Selain sebagai sumber science, dunia bawah air juga bisa dijadikan hobi paling menarik melalui kegiatan diving, snorkling dan yang lebih penting adalah ramah lingkungan.
                  Marine Science Diving Club atau sering disingkat dengan sebutan MSDC di lingkungan civitas akademika ini adalah sebuah klub selam yang didirikan pada tanggal 20 September 2005 (diresmikan oleh Jurusan Ilmu Kelautan pada tangggal 25 Nopember 2006). Lembaga ini merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di bawah naungan Jurusan Ilmu Kelautan. Klub ini diketuai oleh Ari anggoro dan berada dibawah bimbingan DR sofyan Husein Siregar M Phill, Ir Elizal M Sc dan Prof DR Thamrin M Sc.
                  MSDC didirikan sebagai wadah bagi Mahasiswa yang memiliki ketertarikan pada dunia bawah air (underwater) baik dengan tujuan penyelaman ilmiah (science), olahraga selam, maupun rekreasi bawah laut. Selain sebagai wadah untuk menyalurkan hobi, MSDC juga menjadi wadah bagi mahasiswa ilmu kelautan khususnya dalam mengaplikasikan ilmunya di bidang  kelautan.
                  Hal tersebut sesuai dengan visi dan misi MSDC. Visi MSDC yaitu sebagai pusat kegiatan selam mahasiswa khususnya Jurusan Ilmu Kelautan dan mahasiswa Universitas Riau pada umumnya. Misi MSDC yakni untuk meningkatkan keahlian dan potensi mahasiswa dalam penyelaman ilmiah dan olahraga diving.
                  Kegiatan rutin MSDC lebih sering dilakukan disekitaran wilayah Pekanbaru. Misalnya dengan memanfaatkan danau buatan sebagai salah satu media latihan anggota. Selain itu, secara tetap MSDC memiliki secretariat di FAPERIKA Universitas Riau. Sebab MSDC sekaligus merupakan aplikasi dari ilmu kelautan yang dipelajari secara teori oleh para mahasiswa kelautan.
                  Diusia yang terbilang masih muda ini. tidak menyurutkan semangat MSDC untuk bersaing dan meniti karir bersama masyarakat selam se-Indonesia. Ini dibuktikan dengan eksistensinya (keikutsertaan) MSDC dalam event-event nasional seperti Sail Bunaken 2009, Reef Chek Karimunjawa 2010, serta keikutsertaan dalam kegiatan-kegiatan Rehabilitasi penyelamatan terumbu karang, seperti transplantasi karang bersama Diving Proklamator Universitas Bung Hatta Sumatera Barat, Transplantasi Karang Universitas Hasanuddin, Makassar, Universitas Diponegoro Semarang dan lain-lain.
                  MSDC juga melakukan kegiatan dan saling berkoordinasi bersama instansi-instansi luar seperti Latihan Perairan Terbuka Bersama Satuan Brimob Provinsi Riau, kerja sama dengan POSSI RIAU, Loka Kawasan Konservasi Laut Provinsi Riau.
                  Baru-baru ini MSDC menaja kegiatan pelatihan skin diving untuk lingkungan dari civitas akademika Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau. kemudia dalam waktu dekat ini MSDC berencana untuk melakukan ekspedisi di kepulauan Arwah Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, sekaligus menjadikan salah satu pulau yakni Pulau Jemur sebagai laboratorium alam. Bagi orang luar yang ingin mengenal atau tertarik untuk bergabung di club pencinta dunia bawah air ini bisa menghubungi contact person dengan nomor telpon 085268274414 atau 081377856280. Dan bisa juga dengan mengirim email ke msdc_ur@yahoo.co.id. MSDC Jaya!
Ari Anggoro
Ketua MSDC
FAPERIKA UNRI



0 komentar:

Posting Komentar