Blogger Tricks


0

Green Holic: Panen Madu di Sekolah

Riau Pos - For Us Selasa, 06 Desember 2011



Wajah senang dan gembira terlihat diraut wajah para siswa-siswi yang tergabung dalam anggota BeeSA atau yang di kenal dengan peternak lebah SMAN 1 Pangkalan Kerinci, karena lebah yang mereka pelihara sudah bisa dipanen.
Pemanenan di lakukan saat sore hari, Jum’at (30/9) lalu. Sengaja dilakukan sore hari agar lebah tidak mengamuk saat proses pemanenan berlangsung.

Proses pemanenan madu ini tidak saja dihadiri oleh anggota BeeSA saja, namun banyak diantara siawa-siswi SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci yang turut menyaksikan proses pemanenan madu.
Sebelum pemanenan dilakukan, para anggota baru BeeSA di ajak untuk bersama-sama menanam bunga pukul delapan yang nantinya berguna sebagai stok nectar untuk  makanan lebah mereka. Setelah itu dilanjutkan dengan mempresentasikan bagaimana cara-cara dalam pemanenan lebah madu oleh Ari Arditya, Ketua BeeSA.

Kemudian sekitar pukul 17.30 waktu setempat, pemanenan dilakukan. Wajah pucat dan rasa takut mulai tampak di wajah anggota baru BeeSA.
Para anggota baru BeeSA  dengan seksama menyaksikan pemanenan lebah yang dilakukan oleh siswa senior dari kejauhan, hal ini dilakukan demi keselamatan para anggota baru BeeSA dari serangan lebah.
 “Memang  takut  saat kotak lebah sudah mulai diambil dari tempatnya, apalagi saat kotak mulai dibuka dan lebah mulai berterbangan, wah takut benget kalau nanti tersengat, apalagi ini pengalaman pertama melihat pemanenan lebah secara langsung,” ungkap Ayu, anggota baru BeeSA.
            Setelah sekitar dua jam proses pemanenan, akhirnya Ari dan kawan-kawan bisa membawa dua belas sisir sarang lebah yang berisi madu. Kemudian para anggota BeeSA di ajak ke aula sekolah untuk mengolah sarang lebah yang telah diambil tersebut secara bersama-sama untuk diperas dan dimasukkan kedalam botol kemasan.

Semua siswa siswi baik yang senior maupun yang junior berperan aktif dalam pengolahan sarang lebah tersebut.
“senang sekali rasanya bisa melihat dan mengolah langsung madu hasil ternak lebah madu dari SMAN 1 Pangkalan Kerinci, walaupun sempat juga tersengat lebah,” ungkap Ryan salah seorang anggota BeeSA.
            Selanjutnya hasil dari pemanenan madu ini disetorkan kepada pembimbing ekstrakulikuler BeeSA, Salmiyati M.Pd dan sisanya dibagikan kepada para anggota BeeSA yang ikut dalam proses pengambilan lebah.(Yesi-gsj Pangkalan Kerinci)
           
             



D:\ALBUM\BEESA\camera\IMG_0921.JPG
D:\ALBUM\BEESA\camera\IMG_0896.JPG















                                                                                                                                                




D:\ALBUM\BEESA\camera\IMG_0891.JPG
D:\ALBUM\BEESA\camera\IMG_0916.JPGD:\ALBUM\BEESA\camera\IMG_0926.JPG

0 komentar:

Posting Komentar