Blogger Tricks


0

Our Green Inspiration: Sir David Attenborough , Film-film Lingkungan

Riau Pos - For Us Senin, 05 Desember 2011



                Ternyata menjadi seorang filmmaker juga bisa menunjukkan rasa cintanya terhadap lingkungan. Itulah yang dilakukan oleh Sir David Attenborough, seorang pembuat film sejarah alam yang terkenal di Inggris.
                Masa kecilnya dihabiskan di rumah yang ada di kawasan University of Leicester. Tempat dimana ayah, Frederick bekerja. Dia anak kedua dari tiga bersaudara. Namun, keluarganya mengadopsi dua anak perempuan ketika perang dunia kedua.
                Attenborough kecil juga senang mengumpulkan fosil, batu dan spesimen alam lainnya. Saudara perempuannya juga memberi sebuah potongan kuningan yang dipenuhi dengan makhluk bersejarah. Dan inilah yang kemudian menjadi fokus dari program The Amber Time Machine.
                Lalu Attenbourough bersekolah di Wyggeston Grammar School yang khusus untuk laki-laki. Ia juga mendapatkan beasiswa untuk Clare Collage, Cambridge pada tahun 1945. Disinilah ia belajar tentang geologi dan zoologi serta mendapatkan gelar di bidang natural science di tahun 1947.
                Sebelum bekerja di BBC dia sempat menjadi angkatan laut dan pengedit buku anak-anak di sebuah penerbitan. Di BBC lah kemudian dia semakin mendalami dunia natural science. Ia telah membuat berbagai macam siaran , salah satunya adalah Zoo Quest, sebuah siaran tentang ekspedisi pengumpulan hewan yang siaran pertama pada tahun 1954. Ini adalah hasil kerjasamanya dengan salah seorang kurator zoo’s reptile house, Jack Lester.
                Lalu pada tahun 1960 dia mengundurkan diri dari BBC untuk melanjutkan pasca sarjana di Loncon School of Economics, dalam bidang antropologi sosial. Tapi kemudian mendapatkan undangan kembali dari BBC untuk menjadi controller BBC two dari tahun 1965 sampai 1968, dimana dia memperkenalkan TV berwarna di Inggris. Kemudian dia pun menjadi direktur program untuk BBC dari tahun 1969 sampai ahun 1972. Namun di tahun 1973 dia kembali menjadi pembuat film dokumenter dan meninggalkan pekerjaannya di bidang administrasi sebagai direktur program.
                Telah banyak yang dihasilkan oleh Attenborough dalam kurun waktu 25 tahun terakhir. Dimana ia menjadi pembuat film tentang sejarah alam yang terkemuka. Beberapa film dokumenter yang dihasilkannya adalah Life on Earth (1979), The Living Planet (1984), The Trials of Life (1990), The Private Life of Plants (1995), Life of Birds (1998), Life of Mammals (2002) dan Life in the Undergrowth (2005). Dia juga mendapatkan 22 penghargaan di antaranya gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Sedangkan gelar terakhir yang didapatnya adalah Queensland Museum Medal pada tahun 2010. Ia juga bisa dikunjungi melalui websitenya di www.davidattenborough.co.uk. (afra/gsj/int/new)

Biodata
Nama Lengkap  : Sir David Attenborough
TTL                         : London, 8 Mei 1926
Nama Istri           : Jane Elizabeth Ebsworth Oriel (meninggal tahun 1997)
Nama Anak         : Robert dan Susan Attenborough

















·  1970: BAFTA Desmond Davis Award
·  1980: BAFTA Fellowship
·  1983: Fellow of the Royal Society (FRS)
·  1985: Knighthood[38]
·  1991: Commander of the Royal Victorian Order (CVO) for producing Queen Elizabeth II's Christmas broadcast for a number of years from 1986
·  1991: Foreign Honorary Member of the American Academy of Arts and Sciences[39]
·  1996: Companion of Honour (CH) "for services to nature broadcasting"
·  2003: Michael Faraday Prize awarded by the Royal Society
·  2004: Descartes Prize for Outstanding Science Communication Actions
·  2005: Order of Merit (OM)[40]
·  2005: Nierenberg Prize for Science in the Public Interest
·  2006: National Television Awards Special Recognition Award
·  2006: Institute of Ecology and Environmental Management[41] - Institute Medal in recognition of his outstanding contribution to the public perception and understanding of ecology
·  2006: The Culture Show British Icon Award
·  2009: BAFTA Specialist factual award for Life In Cold Blood
·  2010: Fonseca Prize
·   ???? RSPB Medal

0 komentar:

Posting Komentar