Blogger Tricks


0

Our Green Inspiration: David Takoyashi Suzuki “Green Living Made Easy”

Riau Pos - For Us Senin, 05 Desember 2011




            David Suzuki, begitulah ia dikenal. Seorang ahli genetika, lulusan dari Amherst Collage, Massachusetts pada tahun 1958 dengan gelar BA Honours dalam Biologi. Dia juga mendapatkan gelar Ph.D dalam bidang Zoologi dari University of Chicago pada tahun 1961.
            Suzuki lahir pada tahun 1936. Ia memiliki saudara kembar bernama Marcia dan dua saudara lainnya, Geraldine dan Dawn. Mereka dilahirkan di Vancouver, Kadana. Ini karena kakek dan ayah serta ibu Suzuki pindah ke Kanada pada awal abad 20. Dari kecil dia sering dipandang remeh oleh ayahnya karena kepekaan dan ketertarikannya terhadap alam.
            Sejak tahun 1979, Suzuki telah menyelenggarakan The Nature of Things, sebuah serial televisi CBC yang ditayangkan di hampir lima puluh negara di seluruh dunia. Tujuan Suzuki hanya ingin merangsang keterterikan orang terhadap alam serta memperlihatkan ancaman yang dilakukan manusia terhadap alam, habitat satwa liar dan juga untuk menyajikan alternatif yang bisa dilakukan masyarakat untuk menanggulanginya. Bahkan Suzuki juga menjadi pendukung utama untuk energi terbarukan dan jalur energi lembut (the soft energy path).
            Bahkan beberapa tahun terakhir ini Suzuki telah menjadi juru bicara kuat untuk perubahan iklim gobal. Dan pada Februari 2008 ia mendesak mahasiswa McGill University untuk menentang pada politisi yang gagal untuk bertindak atas perubahan iklim. Ia juga menegaskan bahwa perubahan iklim adalah masalah yang sangat nyata dan mendesak. Dan mayoritas ilmuwan kini setuju bahwa aktivitas manusialah yang bertanggung jawab untuk hal tersebut.
            Suzuki juga mendirikan David Suzuki Foundation pada tahun 1990 yang bertujuan untuk menemukan cara bagi masyarakat agar bisa hidup seimbang dengan alam. Websitenya yang berisi banyak informasi mengenai lingkungan bisa dikunjungi di www.davidsuzuki.org.
            Suzuki telah menulis 52 buku tentang lingkungan dan 15 di antaranya untuk anak-anak. Dia juga banyak mendapatkan penghargaan dan gelar kehormatan. Salah satu penghargaan terbaru yang dianugerahkan padanya adalah Right Livelihood Award pada tahun 2009 yang dianggap sebagai hadiah nobel alternatif. Bagi Suzuki hidup ramah lingkungan itu mudah (green living made easy). (afra-gsj/int/new)

0 komentar:

Posting Komentar