Blogger Tricks


0

Info Cagar Biosfer: Tasik-Tasik Unik

Riau Pos - For Us Minggu, 04 Desember 2011

Giam Siak Kecil-Bukit Batu (GSK-BB) terkenal dengan panorama tasik yang menawan. Di cagar biosfer GSK BB terdapat 14 tasik yang terletak di dua Suaka Margasatwa, yaitu Suaka Margasatwa Bukit Batu dan Suaka Margasatwa Siak Kecil. Meskipun tasik-tasik tersebut memiliki nama-nama yang berbeda namun tasik-tasik tersebut hanya satu jenis saja.
Kekhasan dari tsik tersebut adalah warna airnya yang berwarna kehitaman seperti air teh. “tasik-tasik di GSK BB terdapat 14 dengan nama masing-masing tasik yang unik, tasik-tasik tersebut terdapat di Suaka Margasatwa Bukit Batu dan Suaka Margasatwa Siak Kecil.
Meskipun tasik-tasik tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai objek wisata, pihak pengelola tidak akan melepas predikat Suaka margasatwa sebagai objek wiasata. Karena suaka margasatawa itu hrus dilindungi, namun pihak pengelola akan mengembangkan area penyangga (buffer zone) sebagai objek wisata nantinya.” Ujar Yuyu Arlan yang merupakan manager flagship conservation cagar biosfer GSK BB.
Ada beberapa nama tasik yang unik seperti, Tasik Bungsu, Tasik Kemenyan, Tasik Betung, Tasik Air Hitam, Tasik Katilau dan Tasik Serai. ”nama-nama yang unik memang menarik untuk dijadikan objek wisata alam, namun keberadaan tasik-tasik yang terdapat di zona ini tersebut hanya digunakan sebagai pusat penelitian dan sebagai sarana pendidikan bagi siapapun yang ingin membuka wawasan dan mengembangkan ilmu pengetahuan tentang cara biosfer tersebut,” tutup Manager Flagship Conservation cagar biosfer GSK BB tersebut.(pia-gsj)




0 komentar:

Posting Komentar