Blogger Tricks


0

Info Cagar Biosfer: Penelitian Tugas Akhir di GSKBB

Riau Pos - For Us Senin, 05 Desember 2011



Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu tetap menjadi tujuan penelitian sesuai dengan fungsinya. Pertengahan Oktober lalu, mahasiswa jurusan Biologi Fakultas FMIPA Universitas Riau melakukan sebuah penelitian mengenai hewan endemik tanah di cagar biosfer. Penelitian tersebut guna untuk menyelesaikan tugas akhir kuliah untuk skripsi.
 Untuk memasuki kawasan GSK-BB, R. A. Diah Sulistio Ningrum,Diah biasa ia dipanggil terlebih dahulu harus meminta izin ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau (BBKSDA). Sebab, memasuki kawasan cagar biosfer tersebut harus mematuhi prosedur. Dalam artian tidak boleh sembarangan, harus dengan izin terlebih dahulu.
            Selain melengkapi administrasi yang sudah ditentukan oleh BBKSDA Riau, mahasiswa biologi yang terdiri dari 6 orang itu merancang atau mempersiapkan keperluan mereka ketika berada di kawawasan cagar biosfer tersebut. seperti, mempersiapkan persediaan makanan, dan perlengkapan keamanan mereka.
            ”Kami memang merancang bahkan mempersiapkan dengan detail apa-apa saja yang akan kami perlukan saat berada di cagar biosfer. Selama 11 hari kami kan melakukan penelitian disana, berkemunkinan kami harus membawa persediaan makanan sebelum berangkat,” tutur Diah Mahasiswa Biologi FMIPA UR  tersebut.
            Ia juga menambahkan, bahwa tempat menginap mereka disana ya jauh dari masyarakat. Jadi, persiapan sebelum berangkat memang harus matang.
            Penelitian yang mereka lakukan sangat unik. Dengan tujuan untuk mengambil sample, mahasiswa semester akhir FMIPA UR tersebut meneliti hewan-hewan endemik tanah. Seperti cacing tanah, semut, rayap dan serasah (daun). Penelitian itu berlangsung di perbatasan Desa Temiyang.
            Mengingat di perbatasan tersebut hanya ada penginapan yang sudah disediakan khusus untuk para peneliti. Maka tidak satupun aktifitas masyarakat terlihat disana. Perjalanan yang mereka tempuh pun tidak menggunakan jalur darat. Melainkan menggunakan jalur air. Dan untuk mencapai lokasi-lokasi penelitian, mereka menaiki pompong.(pia-gsj)
           

0 komentar:

Posting Komentar