Blogger Tricks


0

Green Holic: Ecological Youth Enviromental Source (EYES)

Riau Pos - For Us Senin, 05 Desember 2011



“Jiwa siswa SMA delapan
Dan Pendidikan Lingkungan Hidup
Ecological Youth Enviromental Source
Siswa peduli lingkungan hidup
Cermin insan Khalifah Fil-Ardhi
Huuuu Fil-Ardhi”

Lirik tersebut dikutip dari syair mars Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) SMA N 8 Pekanbaru yang dinamai dengan  EYES. EYES merupakan singkatan dari Ecological Youth Environmental Source. Ini merupakan kegiatan ekstrakurikuler sekolah (ekskul) yang berwawasan lingkungan hidup di sekolah kami (SMAN 8 Pekanbaru). EYES pertama kali dibentuk oleh Bapak Drs Oan Hasanudin. Oleh karena itu Bapak Drs Oan Hasanudin pun menjadi pembimbing EYES untuk tahun pertamanya. Dan selain sebagai pendiri EYES, Bapak Drs.Oan Hasanudin sekaligus sebagai pencipta mars PLH  di SMA kami tersebut. Mars ini wajib dinyanyikan pada saat upacara bendera disetiap hari senin.
Ide pembentukan EYES berawal ketika SMAN 8 Pekanbaru  akan mengikuti Toyoto Eco Youth (TEY) ketiga pada tanggal 15 Februari 2007. Sejak itu, EYES pun resmi dibentuk dan disahkan oleh Sekolah.  SMAN 8 Pekanbaru berhasil meraih juara dua se-Indonesia pada event TEY tersebut yang dilaksanakan di Jakarta. Pada kegiatan TEY tersebut, SMAN 8 Pekanbaru menampilkan stand pameran yang berisikan tentang cara-cara pembuatan lubang biopori dan kertas daur ulang. Hal inilah yang kemudian menempatkan sekolah kami sebagai pemenang kedua.
            Untuk menyokong kegiatan-kegiatan EYES di sekolah, SMAN 8 Pekanbaru memiliki auditorium dan laboratorium alam (aulaba). Aulaba ini juga memiliki sejarah tersendiri. Dulunya merupakan kumpulan sampah yang menggunung kemudian disulap menjadi laboratorium alam sebagai tempat pembelajaran dan tempat berkumpulnya semua anggota EYES.
Setiap dua kali seminggu (hari sabtu dan ahad) anggota EYES wajib berkumpul untuk melakukan bermacam aktivitas yang bemanfaat, seperti; pembuatan kompos, pembuatan selai rosela, sirup dari bahan baku rosela, kertas daur ulang (KDU), pembuatan lubang resapan-biopori, pembibitan, dan masih banyak kegiatan lingkungan lainnya. Dimana hasil dari beberapa kegiatan tadi seperti pembuatan selai rosela, sirup dari rosela, dan kompos dapat dijual. Sehingga siswa SMAN 8 Pekanbaru khususnya angota EYES dapat membuat usahanya sendiri. Serta bisa mengadakan kegiatan-kegiatan tanpa harus membebankannya kepada sekolah atau anggota EYES.
Dalam struktur keanggotaan EYES terdapat beberapa divisi. Sampai saat ini, EYES sudah memiliki lima divisi, yaitu; divisi hubungan masasyarakat (Humas), divisi 5R, divisi botani, divisi zoologi, dan divisi mading.
Divisi humas biasanya menangani hubungan EYES ke masyarakat luar, seperti kegiatan sosialisasi lubang resapan biopori yang dilakukan tahun lalu pada hari bumi. Divisi 5R menangani bagian reduce, reuse, recycle, respect, replant dikalangan SMAN 8 Pekanbaru.
Mengurus pembibitan, dan tanaman yang terdapat pada rumah bibit dan aulaba merupakan aktivitas yang ditangani oleh EYES divisi botani. Kalau botani mengurus tanaman, maka divisi zoologi merupakan divisi yang mengurus hewan peliharaannya SMAN 8 Pekanbaru, seperti; kambing dan ikan. Dan yang terakhir, divisi mading menangani bagian pembuatan mading EYES.
            Saat ini, EYES sudah memiliki lima tingkatan generasi sejak didirikan pada 2007 lalu. Selain memiliki kegiatan internal di sekolah seperti mendaur ulang sampah yang masih bisa dimanfaatkan ataupun membuat kompos. EYES juga mensosialisasikan kegiatannya kepada sekolah-sekolah lain. seperti yang dilakukan oleh EYES pada peringatan hari bumi tahun lalu. Eyes melakukan sosialisasi di SMP N 4 dan 13 Pekanbaru.
            Untuk mengakses dan mengetahui berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh EYES. Orang luar bisa bergabung di grup facebook yaitu Ecological Youth Environmental Source atau mengunjungi blog PLH dengan alamat http://plhsmandel.blogspot.com

Laras Yayas
Divisi Humas EYES
SMAN 8 Pekanbaru

0 komentar:

Posting Komentar