Blogger Tricks


0

Ulat Menyerupai Predator

Riau Pos - For Us Minggu, 08 April 2012 ,
Ulat Menyerupai Predator 
 Yusrisyam for Riau Pos
PREADTOR : Ulat menyerupai predator ini merupakan salah satu koleksi Pusat Informasi Kupu-Kupu Sumatera di Rokan Hulu

BENTUK anatomi menyerupai predator, seram sangat membantu dalam keselamatan seekor ulat kupu-kupu yang memiliki masa hidup antara 20-40 hari.

Masa hidup sebagai ulat dalam metamorfosis kupu-kupu menjadi ancaman dari serangga maupun predator lainnya. banyak bentuk-bentuk  ulat kupu-kupu yang menyerupai alam atau hewan yang ditakuti lainnya, dari koleksi Pusat informasi Kupu-kupu Sumatera di Rokan Hulu.

Namun hanyatiga ini yang dapat sebagai visual mewakili hal tersebut. Seperti ulat spesies Poliura moori berukuran 2,5-3 cm berumur 39-40 hari. Ulat ini  memiliki kepala naga yang menakutkan sehingga membuat musuh enggan mendekatinya.

Selanjutnya ulat spesies papilio memnon anceus berukuran 6-7 cm yang menyerupai ular,  dengan dua belalai merah (asmeterium) Mengeluarkan cairan kuning yang menakutkan atau membunuh musuh.
Dua ulat ini dalam bahasa Rokan Hulu disebut dengan ntadu yang artinya menakutkan dan menggelikan. Lain halnya, dengan ulat jenis kupu-kupu Ngengat sub ordo Frenatae yang memakan daun jirak menyerupai ular sanca/kobra ini disebut dengan ulek jadi-jadian.

Demikianlah Allah menciptakan makhluknya berbagai jenis dimuka bumi ini, agar kita dapat saling mengenal dan membutuhkan, melindungi satu sama lainnya.***

0 komentar:

Posting Komentar