Blogger Tricks


0

Hari Bumi 2012 Mobilize The Earth

Riau Pos - For Us Senin, 23 April 2012 ,
TEGUH-GSJ/RIAUPOS
SEMINAR: Banyak cara yang dapat dilakukan untuk memperingati haribumi, salah satunya seminar yang diadakan di UNRI Sabtu lalu.
 
Hari Bumi kembali diperingati pada Ahad (22/4) ini. Jika pada tahun sebelumnya, tema yang diangkat adalah “Billion Act of Green Campaign”, maka pada tahun ini peringatan hari bumi hadir dengan tema “Mobilize The Earth”, Bumi tidak akan menunggu untuk diselamatkan.

Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk memperingati Hari Bumi ini. Tidak hanya di luar negeri saja, Indonesia sendiri pun turut serta meramaikan Hari Bumi ini. Seperti di Riau sendiri. Tepatnya yang dilaksanakan oleh mahasiswa dari Universitas Riau.

Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi kampus dengan nama Agriculture English Community melaksanakan peringatan Hari Bumi mulai dari tanggal 21-22 April 2012 ini.
“Pada hari Sabtu (21/4) dilaksanakan Seminar dengan tema Save The Earth, Save The Youth,” ungkap Rangga Rahadi Putra, selaku ketua panitia untuk kegiatan ini.

Rangga juga menambahkan bahwa pada hari kedua kegiatan ini dilaksanakan di tempat berbeda yakni pada Car Free Day di Jalan Gajah Mada. Di sini diadakan sosialisasi tentang Hari Bumi sekaligus pemberian brosur oleh salah satu Non-Government Organization yang bekerja sama dengan Agriculture English Community.

“Selain itu kami juga akan membagikan berbagai kerajinan tangan dari barang bekas, seperti dari kain perca, benang bekas dan lainnya,” tambah Rangga.
Untuk panitia sendiri ada sebanyak 20 orang yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Panitia tidak hanya berasal dari Universitas Riau saja, tetapi juga dari berbagai kampus lain yang ada di Pekanbaru.

Sedangkan pemateri yang dihadirkan untuk seminar pada hari pertama berasal dari kalangan ahli lingkungan antara lain, Hariansyah S.Sos selaku direktur Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Riau. Hadir juga Muhammadun, M.Si selaku Widyaiswara Madya Kementrian Kehutanan Republik Indonesia. Terakhir hadir Raflis dari Transparency International Indonesia sebagai salah jaringan global NGO antikorupsi yang mempromosikan transparansi dan akuntabilitas kepada lembaga-lembaga negara, partai politik, bisnis, dan masyarakat sipil.

Tidak hanya di Riau, di Jakarta sendiri dilaksanakan Green Week oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 22-27 April 2012. Kegiatan UMN Green Week ini dimulai dengan penanaman bibit mangrove di kawasan Ekowisata Tol Sedyatmo, Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

Sedangkan Kota Kembang Bandung, menyambut Hari Bumi 2012 ini dengan menggelar kampanye “Apple Day” di Car Free Day. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Asia Africa Youth Forum (AAYF) Indonesia dan Rotaract Club Bandung Area dan didukung oleh Museum Konperensi Asia Afrika. Konsep dari Kampanye ini cukup unik yakni dengan menukarkan botol plastik minuman bekas dengan satu buah apel. apel di sini sebagai simbolisasi dari produk alam yang senantiasa memberikan kita kesehatan dan kita sebagai penduduk bumi seharusnya menjaga bumi kita ini untuk tetap lestari.
Kota lainnya seperti Semarang juga tidak mau ketinggalan dengan melakukan kegiatan penyelamatan bumi dari tanggal 20, 21 dan 23 April. Kegiatan ini ditaja oleh Universitas Diponegoro. Lalu, hadir komunitas dunia maya semacam komunitas Blogger Jogja yang mengadakan Kopi Darat (KOPDAR) terkait Hari Bumi 2012. Kegiatan ini bekerja sama dengan Kedai Hijau WALHI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).(afra/new) Bumi melalui mahasiswa (afra/new)

0 komentar:

Posting Komentar