Blogger Tricks


0

Telur Kupu-Kupu yang Excotis

Riau Pos - For Us Sabtu, 07 April 2012 ,
Telur Kupu-Kupu
yang Excotis

 Yusrisyam for Riau Pos
TELUR : Bentuk telur kupu-kupu nan excotis. Tergantung jenis spesiesnya. 
 
TELUR kupu-kupu memiliki berbagai bentuk, terkadang mewakili benda yang dilihat sehari-hari di alam makro. Misalnya saja telur kupu-kupu spesies Troides cuneifera berukuran 2 mm, menyerupai sebuah bakpau yang menggiurkan.


Telur spesies Pithauria marsena yang berukuran 0,5 mm berbentuk agar-agar mangkok yang diletakkan pada daun kunyit. Telur spesies Junonia almana yang berukuran 0,8mm berbentuk belimbing bulat.

Telur spesies Euthalia ocantha berukuran 0,7 mm yang menyerupai rambutan, telur Appias olferna berukuran 1 mm yang menyerupai jagung, dan telur spesies Catopsilia pomona yang beras.

Semua telur tersebut tidaklah bisa dilihat tanpa menggunakan kaca pembesar atau lensa makro. Telur tersebut adalah proses awal metamorfosis kupu-kupu yang diawali dengan telor berusia selama 4-6 hari untuk dapat menetas menjadi ulat spesies tertentu kupu-kupu.

Banyak lagi jenis dan bentuk telor spesies kupu-kupu sumatera yang semuanya ini dapat dilihat di Gedung Pusat Informasi Kupu-kupu Sumatera di Rokan Hulu.***

0 komentar:

Posting Komentar