Blogger Tricks


0

Kelabang Buruk Tika dan Kunkulum

Riau Pos - For Us Selasa, 17 April 2012 ,

 
YUSRI SYAM For  RIAU POS
KELABANG : Hewan ini termasuk jenis kelabang. Fisiknya bersisik dan keras. Bisa ditemukan di hutan Rokan Hulu. 


KELABANG ini memiliki punggung bersisik dan keras. Termasuk kelompok Millipedes. Keluarga Oxydesmidae. Di Negara Tanzania, kelabangini berwarna agak kemerahan, dengan antena panjang. Kelabanga di negara itu disebut Tanzanian flat nacked.

Dalam bahasa Rokan Hulu kelabang ini disebut dengan Buruk tika, memiliki panjang 3-4 cm. Kelabang ini tergolong serangga yang berbahaya.  Bila terpijak akan berakibat kulit kaki rusak. Bahaya lainnya, kulit bisa gatal dan terjadi inveksi akibat dari cairan tubuh hewan  tersebut.

Namun lain halnya kelompok Millipedes, Black giant pill yang tergolong dalam famili Spaerotheriidae. Masyarakat Melayu Rokan menyebutnya dengan kunkulum.  Sejenis cincibang berukuran 3-4 cm . Bila terancam akan menggulung diri seperti klereng. Biasanya jenis kelabang itu tidak berbisa,  justru jadi obat terapi.

Dipercaya serangga ini obat bagi anak yang suka mengikut orang tuanya. Dengan cara saat serangga ini bergulung digosokkan pada tengkuk anak. Kemudian kunkulum dibiarkan pergi berlalu di atas tanah.***

0 komentar:

Posting Komentar