Blogger Tricks


0

Melihat Pedestrian di Kota Pekanbaru

Riau Pos - For Us Selasa, 17 April 2012 ,

 
PEDESTRIAN: Jalur jalan kaki atau pendistrian, di Jalan Sudirman menjadi jalur khusus bagi pejalan kaki.
 
Pedestrian atau lebih tepatnya disebut sebagai jalur khusus bagi pejalan kaki. Pedestrian ini terletak di pinggir jalan-jalan utama. Biasanya dibuat agak tinggi dibandingkan dengan jalan kendaraan. Keberadaan jalur ini tidak hanya mempercantik kota. Namun juga dapat membuat pejalan kaki menjadi nyaman. Nah, bagaimana dengan di kota Bertuah ini, adakah jalur pedestrian di sini?

Jika dilihat dengan kasat mata, memang di beberapa ruas jalan yang ada di kota Pekanbaru terdapat trotoar yang diperuntukkan bagi pejalan kaki. Salah satunya yakni yang ada di Jalan Sudirman. Sementara dibeberapa jalan lainnya, tidak terlalu jelas apakah itu diperuntukkan sebagai pedestrian ataukah tidak, karena sama tingginya dengan jalur jalan.

“Ya memang, untuk di Kota Pekanbaru sendiri sudah ada jalur pedestrian yakni di Jalan Sudirman. Memang belum semuanya. Namun, ini sudah dimulai pembangunannya sejak 2009 lalu,” ungkap Bambang Ferianto, Kepala Sub Bagian Perencanaan Dinas Perhubungan Provinsi Riau.

"Jalan Sudirman sendiri memang menjadi pilot project untuk pembangunan pedestrian di Pekanbaru. Pemerintah Pusat pun ikut andil dengan memberikan suntikan dana untuk proyek tersebut," tambahnya lagi.

Menurut Bambang pedestrian tidak bisa difungsikan di seluruh jalan. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, yakni kondisi jalan tempat jalur pedestrian itu akan dibangun, jumlah pejalan kaki yang sering beraktivitas di sekitar jalan tersebut dan topografi jalan.

"Menurut saya pedestrian ini memang penting dan merupakan hak bagi pejalan kaki serta berpengaruh besar bagi lingkungan hidup. Namun karena keterbatasannya, saat ini di Pekanbaru baru bisa fokus pada Jalan Sudirman  saja," ujar Bambang.

Di Pekanbaru sendiri fenomena berjalan kaki mulai menggeliat. Terbukti dengan munculnya sebuah komunitas pejalan kaki yakni KAKI atau komunitas pejalan kaki. Dengan adanya pedestrian yang nyaman dan terawat tentu berjalan kaki bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.
Oleh karena itu hal lain yang penting dalam pedestrian ini adalah perawatannya.
"Untuk perawatan pedestrian di sini itu dilaksanakan oleh pemerintah kota, tapi juga dibantu oleh pemerintah provinsi," ungkap Bambang

Namun, ini tentunya tidak selalu berjalan mulus. Kebanyakan dari areal pedestrian ini banyak dialih fungsikan menjadi tempat pedagang kaki lima dan juga tempat parkir kendaraan bermotor.
Seperti halnya yang diungkapkan Ketua KAKI, Muhammad Iqbal bahwa memang masih banyak pejalan kaki di sini yang belum mendapatkan hak-haknya. Pedestrian saja seringkali dialih fungsikan menjadi tempat parkir kendaraan dan juga tempat orang berjualan.

“Memang ini sangat disayangkan. Namun, dari pemerintah sendiri sudah ada upaya persuasif untuk menanggulangi hal tersebut dan memang itu tidak mudah karena masalahnya cukup kompleks. Oleh karena itu dituntut adanya kerja sama dari berbagai pihak misalnya untuk penertiban bekerjasama dengan pihak kepolisian,” tambahnya lagi.
Semoga pedestrian di Riau khususnya Pekanbaru semakin banyak. (afra-gsj/new)

0 komentar:

Posting Komentar