Blogger Tricks


0

Berpola Hidup Sehat

Riau Pos - For Us Selasa, 17 April 2012 ,
Tengku Irahma
Mahasiswa Fakultas Akutansi
UIN Suska Riau

Cara menciptakan lingkungan yang sehat tidaklah sulit. Kita harus mengetahui dahulu, ciri-ciri lingkungan yang sehat itu seperti apa kemudian baru kita bisa mengatakan lingkungan itu sehat atau tidak.
Ciri-ciri lingkungan sehat adalah udara yang segar dan tidak mengandung polusi. Manusia dan makhluk hidup lainnya sangat membutuhkan udara untuk bernapas. Jika kita menghirup udara yang bersih dan mengandung oksigen tersebut pastinya badan kita akan terasa sehat dan saluran pernapasan pun menjadi lancar.

Jika lingkungan disekitar kita sudah sehat, langkah selanjutnya kita harus mempertahankan lingkungan sehat tersebut yaitu dengan cara menjaga lingkungan sekitar kita. Jagalah lingkungan dimulai dengan hal-hal yang kecil seperti membuang sampah sekecil apapun pada tempat yang telah disediakan.
Pertama, Jangan menggunakan kantong plastik untuk belanja. Bawa sendiri tas belanjaan yang dapat dipergunakan lagi.

Kedua, Jangan langsung membuang botol plastik sesudah minum. Isi air lagi dan pakai kembali  walaupun jangan terlalu banyak isi ulang. Lima kali pakai masih oke. Untuk yang biasa minum di mobil, siapkan selalu botol yang sudah diisi penuh agar tidak usah beli lagi.

Ketiga, Lebih baik lagi beli botol minum jadi bisa selalu diisi ulang dan tidak usah beli botol air mineral lagi.
Keempat, Membawa sampah hingga ke rumah (diselipkan ke saku) apabila tidak ada tempat sampah di sekitar  (namun biasanya selalu ada tempat sampah dimana saja). Tinggal kemauan dari diri sendiri untuk melangkah dan membuka tempat sampah lalu membuang sampah pada tempatnya.

Kelima, Memisahkan sampah plastik, sampah daun, dan botol/kaleng pada tempatnya masing-masing.
Keenam, Untuk perokok, usahakan membawa asbak yang ada penutupnya kemanapun Anda pergi. Ini penting mengingat puntung rokok terbuat dari serat yang susah terurai. (terinspirasi dari orang Jepang).
Ketujuh, Saat ini banyak kerajinan-kerajinan tangan yang terbuat dari sampah (terutama plastik). Jadikan ini untuk inspirasi usaha. Semakin banyak sampah plastik yang dijadikan kerajinan tangan, Insya Allah mampu mengurangi emisi sampah plastik di sekitar kita.

Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang bersih dan terbebas dari kontaminasi kotoran dari lingkungan sekitar. Sudah saatnya kita menjaga dan merawat lingkungan kita agar termasuk kedalam lingkungan yang sehat dan bersih. ***

0 komentar:

Posting Komentar