Blogger Tricks


0

Ekohidrologi, Pelindung Sistem Penyangga Kehidupan

Riau Pos - For Us Minggu, 29 April 2012 ,

FOTO :ASRUL-GSJ TASIK: Birunya awan memantul dari jernihnya air yang berada di salah satu tasik yang ada di Cagar Biosfer Bukit Batu.

Fungsi hidrologi menjadi ciri khas utama dalam pengembangan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu (GSK-BB). Dengan lansekap yang terbentang pada ketinggian antara 0-50 mdpl. GSK-BB memiliki topografi yang relatif datar dengan daerah tangkapan air (water catchment area) utama bagi daerah-daerah di hilirnya.


Tangkapan air di dalam kawasan hutan rawa gambut ini merupakan sumber air bagi tasik (danau kecil) dan sungai yang mengalir di bawahnya. Air permukaan ini juga sangat penting perannya untuk menjaga pasokan air pada kawasan hutan tanaman industri, areal pertanian dan perkebunan, budidaya perikanan dan peternakan.

Ini juga bisa menjaga ketinggian air sungai untuk sarana transportasi yang menyangga kehidupan masyarakat setempat. Oleh karena itulah GSK-BB ini layak dikembangkan menjadi kawasan konservasi dengan fungsi utama sebagai sistem penyangga kehidupan dengan perannya dalam menjaga keseimbangan hidrologi. (afra-gsj/new)

0 komentar:

Posting Komentar