Blogger Tricks


0

Empat Kota Bersepeda Terbaik Dunia

Riau Pos - For Us Senin, 23 April 2012 ,
INTERNET JALUR SEPEDA: Orang-orang di Barcelona terlihat menikmati jalur sepeda  yang sudah disediakan.
 
BEBERAPA kota di dunia yg menjadikan sepeda sebagai alat transportasi mereka. Lantas kota-kota mana sajakah yang merupakan kota sepeda terbaik di dunia? Apa saja program bersepedanya?

Pertama, Amsterdam Belanda. Sampai detik ini, Amsterdam masih memegang sebutan ibu kota sepeda terbaik di dunia. Tercatat 40 persen lalu-lintas dipadati hilir mudik sepeda. Kota ini berhasil memposisikan diri sebagai sahabat pesepeda dengan mempromosikan kehidupan lebih sehat dan gaya hidup lebih aktif bagi penduduknya. Pengembangan jaringan jalur sepeda dibuat meluas, lebih aman, cepat, nyaman, serta memberi road safety bagi pesepeda. Program pencegahan pencurian sepeda juga dirancang sebanding dengan meningkatnya populasi sepeda. Selain itu Amsterdam juga membuat 10 ribu parkir sepeda di stasiun-stasiun kereta.

Kedua, Copenhagen, Denmark. Kota ini menduduki urutan enam dalam peringkat kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Copenhagen terbukti berhasil mengadakan program komunitas sepeda. Seluruh warga Denmark umumnya memiliki minimal sebuah sepeda. Tercatat 32 persen pekerja menggunakan sepeda untuk ke kantor. 50 persen dari mereka beralasan memakai sepeda justru lebih cepat dan mudah.
Jalur sepeda telah meluas dan dipakai dengan baik. Jalur ini kerap terpisah dari jalan raya utama dan juga memiliki lampu lalu lintas tersendiri. Copenhagen juga memiliki wilayah khusus, Christiania, yang benar-benar terbebas dari mobil. Pihak kota menyediakan sepeda untuk umum dengan membayar deposit 20 kroner. Uang deposit itu dikembalikan ke penyewa, jika sepeda telah dikembalikan ke salah satu rak penyewaan sepeda.

Ketiga, Trondheim di Norwegia. Kota ini menciptakan fasiltas pertama di dunia, Bicycle Lift (Trampe). Lift tersebut juga menjadi daya tarik utama wisata bagi kota Trondheims. Tujuan pembangunan lift ini yakni mengantarkan pesepeda mendaki tanjakan tanpa perlu turun dari sepeda. Mengingat topografi kota Trondheim yang berada di lereng gunung, fasilitas tersebut cukup membantu bagi pesepeda. Pemerintah kota Trondheim turut menyediakan penyewaan sepeda untuk umum. Sekitar 18 persen penduduknya menggunakan sepeda untuk bekerja maupun ke sekolah.

Terakhir Barcelona di Spanyol. Pada 22 Maret 2007, Barcelona memulai layanan Bicing, yakni layanan fasilitas penyewaan sepeda sebagai transportasi untuk umum. Penyewa terlebih dahulu mendaftar untuk memperoleh kartu. Kartu ini sebagai identitas sewa dan berhak meminjam sepeda di 100 pos yang tersebar di penjuru kota Barcelona. Penyewa diperbolehkan memakai sepeda di dalam kota, lantas mengembalikan di pos berikutnya.  (int/teguh-gsj)

0 komentar:

Posting Komentar