Blogger Tricks


0

“Sedekah Pohon” Program Hijaukan Bumi, Plus Sejahterakan Rakyat

Riau Pos - For Us Minggu, 29 April 2012 ,

POHON: Penanaman beberapa pohon hasil dari "sedekah pohon" di Cianjur Jawa Barat.

Ternyata sedekah tidak hanya identik dengan memberikan uang kepada orang-orang yang membutuhkan. Banyak cara lain dalam bersedekah. Nah, salah satu jenis sedekah tersebut adalah sedekah pohon. Memang terdengar unik dan beda dari lainnya.

Sedekah pohon ini merupakan salah satu program dari Dompet Dhuafa. Intinya dalam sedekah pohon ini berupa bentuk penghijauan dengan konsep pemberdayaan masyarakat dhuafa.
“Sedekah pohon ini sudah kami laksanakan sejak Februari 2010,” ungkap Imam Alfaruq, selaku staf Program Relief Dompet Dhuafa Pusat.

Pada tahap pertama tersebut, sedekah pohonnya dilaksanakan di daerah Cianjur dengan 1500 pohon, tambahnya lagi. Sebenarnya konsep dari sedekah pohon ini adalah mempertemukan pemilik tanah yang tidak bisa mengelola tanahnya dengan dhuafa yang bisa mengelola tanah tersebut.

“Setelah dipertemukan, maka akan ada perjanjian antara pengelola tanah tersebut dengan yang punya tanah. Kemudian si pengelola tanah ini bisa menerima hasil dari tanah tersebut selama periode waktu yang telah disepakati dan pemilik tanah akan memiliki pohon setelah periode waktu tersebut berakhir,” ujar Imam menjelaskan.

Dalam hal ini Dompet Dhuafa juga tidak langsung melepas begitu saja pengelola tanahnya. Namun, tetap dilakukan kontrol setiap pekan, tiga bulan dan enam bulannya.

“Untuk yang tiap pekan dan tiga bulan biasanya kontrol dilakukan oleh mitra kerja kami, sedangkan untuk setiap enam bulannya Dompet Dhuafa sendiri yang akan turun mengontrol pohon yang telah ditanam tersebut,” ujar Imam lagi.

Sampai saat ini sudah ada tujuh daerah yang menjadi tempat sedekah pohon ini. Ketujuh daerah tersebut adalah Cianjut, Cileungsi, Banten, Bone, Gorontalo Utara, Kendari dan Kuningan. Pada dasarnya dalam sedekah pohon ini harus ada yang siap mewakafkan tanahnya untuk disewakan dan dikelola. Serta ada dhuafa yang mau merawat tanah tersebut.

“Rencananya dalam bulan April atau Mei ini, sedekah pohon ini juga akan mulai dilaksanakan di Aceh,” ujar Imam.

Sementara itu untuk pohon-pohon yang ditanam lebih diutamakan pada pohon yang produktif. Dalam hal ini pohon yang bisa di ambil hasilnya dalam jangka waktu cepat. Misalnya saja seperti pohon buah, karena memang tujuan utama dari sedekah pohon ini adalam menghijaukan kembali alam serta mensejahterakan masyarakat dhuafa yang mengelolanya.

Selain itu program ini juga bisa menjadi jembatan bagi para orang kaya di kota-kota besar yang ingin menanam namun tidak mampu mewujudkan karena tidak ada lahan dan tidak bisa merawat. Dengan sedekah pohon, si kaya di kota cukup berdonasi 100 ribu untuk sebatang pohon produktif plus perawatan selama 2 tahun.

“Ya, untuk di Riau memang belum ada, namun jika ada kesiapan mitra dan persiapan untuk melaksanakan program sedekah pohon ini, Insya Allah Dompet Dhuafa mau membantu,” ungkap Imam.

Nah, bukan alasan lagi bukan untuk tidak menanam pohon karena tidak ada lahan. Tidak ada salahnya juga kita memberikan bibit pohon untuk orang-orang di sekitar kita. Selain turut menghijaukan bumi juga sekaligus membantu orang-orang yang membutuhkan. Keep Green. (afra-gsj/new)

0 komentar:

Posting Komentar