Blogger Tricks


0

Satu Pohon, Satu Rumah

Riau Pos - For Us Minggu, 29 April 2012 ,

Bakhtaruddin
Wiraswasta
 
Hutan merupakan paru-paru bumi yang harus dijaga dan dirawat kelangsungannya. Begitu juga dengan hutan-hutan yang ada di negeri kita ini. Indonesia terkenal dengan hutan tropisnya yang terbentang luas dari Sabang hingga Merauke. Terlebih lagi hutan tropis yang ada di Sumatera, Kalimantan dan Irian Jaya (Papua).

Begitu pula dengan hutan yang ada provinsi Riau ini. Hutan yang ada di Riau juga merupakan salah satu dari banyak hutan tropis Indonesia yang tak ternilai harganya.

Namun, jika dilihat dari kondisinya saat ini, sungguh memprihatinkan, perambahan hutan ini semakin merajalela saja. Ditambah lagi dengan kurangnya kesadaran dari masyarakat tentang pentingnya hutan sebagai penopang kehidupan manusia, tak lain karena hutan merupakan paru-paru dunia.

Selain itu, kurangnya ketegasan dari pemerintah untuk permasalahan perambahan hutan ini juga menjadi problema tersendiri. Namun, kita tidak harus mengkaji hal seperti yang tersebut sebelumnya tadi yang terpenting adalah bagaimana mengembalikan kondisi hutan tersebut menjadi seperti sediakalanya.

Reboisasi mungkin bisa menjadi salah satu langkah yang tepat. Namun, ini untuk skala yang besar. Akan lebih baik lagi jika ini dimulai dari masyarakat itu sendiri. Misalnya saja dengan menanam satu pohon pada satu rumah. Ini minimal, jadi jika ingin menanam lebih dari satu pohon tentu akan lebih baik.

Pohon-pohon yang ditanam bisa pohon yang menghasilkan seperti pohon buah hingga pohon-pohon pelindung. Kemudian setelah selesai dengan pohonnya sendiri, sebaiknya individu tersebut juga “menularkan” virus menanam pohonnya kepada orang yang berada di sekitar lingkungan tempat tinggalnya, seperti tetangga. Misalnya saja dengan memberikan bibit pohon yang merupakan anakan dari pohon yang ditanamnya tadi. Selain mempererat silaturahmi antar warga. Hal ini tentu saja akan berdampak positif bagi penghijauan sebagai tujuan utamanya. Kemudian ini terus dilanjutkan oleh individu yang lain tadi ke orang lain lagi, hingga seterusnya.

Memang ini hanya merupakan langkah kecil dari proses penghijauan yang dilakukan dari masyarakat. Namun, ini tentunya bisa berpengaruh besar jika dilakukan bersama-sama dan oleh seluruh masyarakat yang ada. Bayangkan saja jika seandainya seluruh masyarakat yang ada di Riau secara khusunya melakukan hal tersebut. Sudah barang tentu di setiap rumah akan ada satu pohon yang menaungi rumah tersebut menjadi pemasok oksigen. Karena seperti yang kita ketahui hasil dari fotosintesa pohon salah satunya berupa oksigen. Ini tentu juga akan berdampak positif bagi kondisi udara yang berada di tempat tersebut. Terlebih lagi untuk daerah perkotaan yang jika dilihat kini tidak terlalu sehat.

Namun, yang paling penting itu tentunya dimulai dengan kesadaran dari kita sebagai individu yang tinggal di bumi ini. Tidak ada salahnya berbuat lebih demi kelangsungan anak cucu kita. Mari menanam pohon! ***

0 komentar:

Posting Komentar