Blogger Tricks


0

Budaya Bersepeda Mengurangi Polusi Udara

Riau Pos - For Us Senin, 23 April 2012 ,
Gion Pratama Elson Siswa SAMN 1 Talukkuantan
 
Seiring dengan  perkembangan zaman kebutuhan manusia makin meningkat dengan pesat, salah satunya kebutuhan akan pekerjaan . Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kita memerlukan alat transportasi atau kendaraan untuk pergi bekerja ataupun pergi menuntut ilmu. Namun meskipun kendaraan memberikan dampak yang baik terhadap manusia, bukan berarti mobil atau sepeda motor tidak memiliki dampak negatif. Sala satunya dapat menyebabkan polusi yang dapat membahayakan manusia.

Ada cara yang efektif  dan mudah untuk mengurangi polusi udara , sala satunya dengan menggunakan sepeda. Untuk jarak tempuh yang dekat, alangkah baiknya menggunakan sepeda. Terlebih lagi bagi siswa yang rumah dengan sekolahnya tidak terlalu jauh. Kalaupun tidak bisa dilakukan setiap hari, paling tidak lakukan dalam seminggu sehari bersepeda sekolah.

Ada beberapa keuntungan bersepeda selain mengurangi polusi udara diatas, diantaranya adalah tubuh menjadi bugar, ongkos pemilharaanya yang mudah dan yang lebih hebat lagi tentunya menghemat pemakaian BBM yang isunya sedang hangatnya sekarang.

Jika kita bicara penghematan BBM andaikan saja satu hari seseorang menghabiskan 1 liter bensin untuk aktivitasnya, secara tidak langsung sebenarnya ia telah menggunakan subsidi dari negara ini sebesar Rp 5.000.

Jika ada seribu orang pada hari itu melakukan hal yang sama, bayangkan berapa banyak subsidi BBM dari Negara pada hari itu ditempat tsb. Jadi, mari budayakan bersepeda ria dalam aktivitas kita, minimal satu hari dalam seminggu, selain badan sehat, kita juga mendukung pemerintah dalam penghematan BBM bersubsidi.

Bagi kesahatan, polusi udara sangat berbahaya dampak yang sering terjadi dari polusi udara adalah penyakit ISNA (infeksi saluran nafas atas). Gangguan kesehatan akibat zat-zat pencemar seperti gangguan pada saraf dan tidak nyamanan kini menghantui masayarakat kita, apalagi WHO memperkirakan 800.000 kematian pertahun di dunia diakibatkan oleh polusi udara.

Hal ini bisa terjadi jika seseorang terlalu sering menghirup udara yang sudah tercemar. Oleh karena itu alangkah bagusnya mulai sekarang kita mulai menggerakkan budaya bersepeda, karena bersepeda pasti terbebas dari polusi. ***

0 komentar:

Posting Komentar