Blogger Tricks


0

SMA Negeri 1 Pangkalankerinci Siap Bersaing di Adiwiyata Provinsi

Riau Pos - For Us Minggu, 08 April 2012 ,
SMA Negeri 1 Pangkalankerinci
Siap Bersaing di Adiwiyata Provinsi
 

SMA Negeri 1 Pangkalankerinci lolos menjadi sekolah adiwiyata yang mewakili Kabupaten Pelalawan untuk bersaing di tingkat provinsi. Pihak sekolah menyatakan kesiapannya untuk dapat bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya dari kabupaten/kota se Riau.

 “Insyaallah kami merasa siap menghadapi penilaian ini dan kami optimis akan menang karena kami sudah melaksanakan semua ketentuan sekolah Adiwiyata dua tahun terakhir ini dan berusaha semaksimal mungkin memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan agar mencapai hasil yang terbaik,” ujar Salmiyati MPd,  penanggungjawab adiwiyata di SMAN Negeri 1 Pangkalankerinci.  


Sekolah tersebut, terlebih dahulu dinilai dari tim penilai tingkat kabupaten Pelalawan. Penilaian dilakukan pada Rabu (4/4). Tim penilai terdiri dari BLH (Badan Lingkungan Hidup) dan LSM (Lembaha Swadaya Masyarakat), Dinas Pendidikan dan Departemen Agama.

Beberapa kriteria yang dinilai meliputi kebersihan lingkungan, kerapian, dan adanya suasana yang menyegarkan. Itu ditandai dengan adanya tumbuhan hijau di lingkungan  sekolah. Sistem penilaian yang dilakukan meliputi dua jenis yaitu mewancarai guru,murid dan semua warga sekolah, serta melihat dan melakukan penilaian langsung kelapangan.

Penilaian pertama dilakukan dengan wawancara beberapa guru bidang studi dan wawancara dengan beberapa siswa serta para staf yang ada di  SMAN 1 pangkalan kerinci. Banyak berbagai hal yang ditanyakan oleh para penilai, seperti menanyakan visi dan misi sekolah, program-program penghijauan yang  telah dilakukan dan berbagai hal lain. selanjutnya setelah penilaian di lakukan para tim penilai, mereka  juga mengadakan survei di beberapa tempat seperti toilet, tempat sampah, kantin, kelas dan juga beberapa tempat lainnya.

“Rasanya seneng banget, akhirnya sekolah kami lolos juga ketingkat provinsi, semoga target kami yaitu menjadi sekolah adiwiyata tingkat nasional dapat terwujud”, ujar Roma sebagai ketua OSIS SMA Negeri 1 pangkalan Kerinci. (Ari Arditya Nugraha, SMAN 1 Pangkalankerinci).

0 komentar:

Posting Komentar