Blogger Tricks


0

Mulai dari Hal Kecil

Riau Pos - For Us Sabtu, 10 Maret 2012 ,

    Suatu hal yang besar berasal dari sesuatu yang kecil, ini  memang benar adanya. Begitu juga dengan kalimat yang mengatakan bahwa “Tidak akan  ada hal yang besar apabila tidak ada hal yang kecil”. Semua ini tentu saja bisa diterapkan di berbagai hal dalam aspek kehidupan, yang bisa memberikan berbagai dampak yang baik dan begitu besar bagi kehidupan, meskipun kita hanya melakukan hal yang kecil. Termasuk dalam hal upaya pelestarian dan menjaga lingkungan hidup.

   Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk menjelaskan salah satu cara melestarikan dan mengajak orang lain untuk melestarikan dan menjaga lingkungan. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dalam melestarikan dan menjaga lingkungan harus dimulai dari kita sendiri terlebih dahulu. Bagaimana kita bisa mengajak orang lain untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sementara diri kita sendiri masih enggan? Jadi, lakukanlah hal-hal yang bisa menjaga dan melestarikan lingkungan dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Hal yang dilakukan juga tidak harus sesuatu hal yang besar dan membutuhkan banyak dana, waktu dan tenaga. Cukup hal sederhana saja, seperti jangan menggunakan tissue dan kertas secara berlebihan, dan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

    Setelah dimulai dari sendiri, kita harus menyebarkan virus-virus cinta lingkungan tersebut kepada orang lain, terutama pada orang-orang disekitar kita. Dalam hal ini, kita bisa memilih siapa saja agar ikut melaksanakan hal-hal kecil yang nantinya akan menjadi kebiasaan baik dan berbuah kepada kelestarian lingkungan di masa mendatang. Akan lebih baik lagi, jika kita menyebarkan virus-virus cinta lingkungan tersebut kepada individu yang masih hijau, dalam hal ini adalah anak-anak. Mengapa demikian? Tentu saja ada alasannya.

    Pertama, anak-anak cenderung memiliki sifat untuk meniru apa yang mereka lihat dan apa yang dilakukan oleh orang lain. Contohnya saja, jika kita mengajak anak-anak untuk memisahkan sampah yang organik dan non organik, mereka juga akan menirunya. Jika hal ini terus dilakukan, akan menjadi kebiasaan bagi diri sang anak dan dibawa hingga mereka dewasa nanti. Anak-anak juga dengan sifat dan orientasi mereka dalam bergaul dengan seusia mereka, juga akan mengajak teman-teman yang lainnya untuk melakukan hal yang sama.

   Hal-hal lain yang bisa kita lakukan adalah memberikan contoh yang baik kepada anak-anak dalam menjaga dan melestarikan lingkungan. Kita juga memiliki kewajiban untuk memperkenalkan kepada mereka tentang sumber daya alam yang kita miliki dan berkemungkinan akan habis atau punah jika tidak digunakan dengan bijak. Memberikan pengetahuan dasar tentang lingkungan hidup juga perlu dilakukan kepada anak-anak. Tentu saja, cara penyampaiannya berbeda dengan cara kita melakukannya kepada orang dewasa. Kita bisa melakukannya dengan cara yang sederhana namun menarik minat anak-anak, dan tentu saja, inti untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dapat tersampaikan kepada anak-anak. Kita bisa melakukan games, menggambar dan mewarnai, dan kegiatan lainnya, dengan tema yang berkaitan dengan lingkungan dan pelestariannya.

   Jadi, setelah dimulai dari diri sendiri, sebarkan juga pada orang lain, dalam hal ini, sasaran targetnya adalah anak-anak, karena ditinjau dari beberapa keuntungan yang telah disampaikan sebelumnya. Jangan lupa untuk meyakinkan kepada anak-anak, bahwa meskipun hal yang dilakukan tersebut adalah hal kecil, namun bisa memberikan dampak yang besar bagi kehidupan. The big things come from the small things.***

0 komentar:

Posting Komentar