Blogger Tricks


0

Marina Rikhvanova Selamatkan Danau Baikal

Riau Pos - For Us Sabtu, 17 Maret 2012
Marina Rikhvanova
Selamatkan Danau Baikal 
Marina Rikvanova

Marina Rikhvanova adalah seorang ekologis dari Rusia. Tapi, dia juga seorang pemimpin dalam sebuah organisasi yang bertujuan untuk menyelamatkan Danau Baikal di Siberia dari ancaman kerusakan ekologi. Karena perjuangannya ini juga ia diberikan penghargaan lingkungan, Goldman Environmental Prize pada tahun 2008.

Perhatiannya terhadap danau Baikal sudah dimulai sejak ia masih di perguruan tinggi. Ketika itu menuliskan makalah tentang ancaman lingkungan yang ditimbulkan oleh pabrik kertas di Baikalsk. Pabrik ini telah membuang limbahnya ke dalam danau sejak tahun 1960-an.

Ia pun membentuk sebuah organisasi untuk penyelamatan danau ini pada tahun 1990 dengan nama Baikal Ecological Wave. Bersama organisasi inilah ia memulai perjuangannya.
Berbagai tantangan dan ancaman dihadapi oleh Marina. Bahkan ancaman juga datang terhadap keluarganya. Keteguhannya akhirnya berbuah manis, pemerintah Rusia pun memerintahkan pabrik di Baikalsk untuk beralih ke sistem pengolahan air tertutup. (afra-gsj/int/new)

0 komentar:

Posting Komentar