Blogger Tricks


0

Kanopi Markisa, Indah Sejukkan Sekolah

Riau Pos - For Us Sabtu, 17 Maret 2012 ,
Kanopi Markisa,
Indah Sejukkan Sekolah
 MERAMBAT: Tanaman Markisa tampak merambat di langit-langit bangunan sekolah. Dinaungkan menjadi tempat yang teduh dan hijau.
Markisa, tentu tidak asing lagi kita mendengarnya. Buah ini juga dikenali sebagai buah susu, merupakan sejenis pokok yang menjalar bagi mendapatkan cahaya matahari. Di Pekanbaru, suhu yang bisa dibilang cukup ekstra akan sinar matahari, tentunya mempermudah tanaman yang satu ini tumbuh merambat.

Karena kemampuan merambat inilah yang menginspirasi SMA Negeri 1 Pekanbaru untuk memberikan sentuhan hijau yang lebih di sekolah, yakni menjadikan tanaman markisa sebagai kanopi, sejenis atap buatan yang menutupi bangunan. Mulai akhir tahun 2011 lalu, yang dipasang di sepanjang gerbang masuk SMA Negeri 1 Pekanbaru, dan beberapa kelas yang telah dipasang besi sebagai penyangga tanaman ini.

Pembuatan kanopi hijau ini tidak semudah dibayangkan, karena membutuhkan waktu yang lama agar tanaman tumbuh menjalar merata. Ditambah lagi, kadang-kadang cuaca kurang mendukung untuk pertumbuhan tanaman ini. Dalam pembuatan kanopi hijau, SMA Negeri 1 Pekanbaru membutuhkan waktu lebih kurang 3-4 bulan agar tanaman markisa merambat keseluruh rangkaian besi, sebagai penyangga sehingga terbentuk kanopi.

Pembuatan kanopi ini, membuat antusiasme para siswa SMA Negeri 1 Pekanbaru ditambah lagi saat ini sudah banyak tanaman markisa yang berbuah walaupun masih sangat muda. Tentunya membuat sebagian siswa penasaran, dan iseng mengambil buah yang belum masak itu.

“Jadi lebih sejuk dan rindang,” ujar Hanifah, salah satu siswa SMAN 1 Pekanbaru.
Walaupun pembuatan kanopi hijau ini  cukup menarik. Namun, tentunya hal ini menambah tanggung jawab baru akan kebersihan, yakni memunguti dan membersihkan daun-daun yang kering dan berguguran, terutama ketika pagi hari.Tentu hal ini bukan kesulitan berarti, karena SMA Negeri 1 Pekanbaru sudah mempunyai jadwal spesial untuk memunguti daun dan membersihkan pekarangan yang biasa dikenal, Operasi Semut.

Dengan adanya kanopi itu membuat suasana baru yang menyejukkan sekolah, seolah-olah memasuki daerah hijau karena terpasang disepanjang gerbang saat memasuki sekolah. Jadi, tak perlu cari pohon jika menghadapi panas matahari. It’s so green (melati-gsj/new)

0 komentar:

Posting Komentar