Blogger Tricks


1

Gunakan Kembali, Biar Hemat

Riau Pos - For Us Sabtu, 17 Maret 2012 ,
Gunakan Kembali, Biar Hemat 

Seringnya ketika diperhadapkan pada satu pertanyaan, jawaban yang kita berikan cenderung bertele tele dan terlalu besar bahkan untuk diri kita sendiri,sehingga ketika diminta untuk mengaplikasikannya dalam hidup, tak jarang kita kesulitan dan ujung ujungnya menyerah, kenapa? Karena pola pikir yang diajarkan dan terbentuk sejak dari kecil terbiasa untuk melakukan semua itu, untuk selalu menjawab dengan kalimat yang indah indah, berat dan panjang.

Mari kita sederhanakan, jika ditanya apa yang dapat kamu lakukan untuk menjaga lingkungan kamu? Jangan dipersulit, mulai dari yang terdekat dan sederhana terlebih dahulu, bisa rumah yang notabane lingkungan kamu tinggal, atau kantor bahkan sekolah.
Sebagai karyawan cetak mencetak dan mengirim dokumen merupakan bagian dari aktivitas sehari hari, lalu apa yang bisa dilakukan dengan kondisi tersebut, sederhana saja, mulailah dengan mengganti kertas baru Anda dengan kertas bekas saat akan mencetak. Kertas-kertas yang sudah tidak dipakai hasil presentasi, salah cetak atau hasil apapun yang sudah dianggap bekas dan masih memilki satu sisi yang layak pakai, jangan dibuang. Tapi kumpulkan di satu tempat tersendiri dan gunakan saat akan  mencetak lembaran lembaran kerja. Kecuali dokumen yang akan dicetak tersebut sangat sangat penting sekali. Demikian halnya saat akan mengirim dokumen. Kita dapat menggunakan amplop bekas yang dapat dikumpulkan saat menerima surat atau dokumen dari luar. Jadi pada saat datang surat atau dokumen dari luar, pastikan untuk membuka amplopnya dengan hati hati, sehingga dikemudian waktu amplop yang sama dapat kita gunakan kembali.

Apa yang kita dapat dari langkah sederhana di atas? Penghematan dan Pelestarian Lingkungan!  Pikirkan berapa banyak kertas yang kita hemat dan berapa banyak pohon yang terselematkan dikemudian waktu seandainya setiap orang melakukan langkah yang sama? Anggaran pengeluaran yang mengecil, bahkan mungkin yang biasa nya hampir setiap hari kita harus membuang sampah karena  penuh dengan tumpukan kertas bekas. Frekuensi nya berkurang menjadi dua sampai dengan tiga kali dalam seminggu, itupun penuh karena tumpukan tagihan kartu kredit dan seabreg tagihan lainnya.

Itu baru satu langkah sederhana dari tempat kerja kita. Lakukan hal yang sama di rumah, ditambah dengan penggunaan tas belanja yang sama yang dibawah dari rumah saat akan berbelanja  ke pasar, supermarket atau swalayan. Penggunaan kotak atau tempat makan dan minum berbahan serat dan   yang layak dipakai berulang ulang saat akan berbelanja makanan dan minuman untuk dibawah pulang daripada menggunakan kertas atau stereoform pembungkus makanan dan minuman. Selain jauh lebih sehat tentunya kita membantu menjaga lingkungan, khususnya dengan turut andil dalam hal pengurangan  volume sampah setiap harinya.

Renungkan, hanya dengan melakukan langkah langkah sederhana tersebut. Namun hasilnya berdampak dengan luar biasa kemana-mana. Bayangkan jika semua orang melakukan hal sama? Bagaimana cara nya, seperti halnya penyakit yang menular karena adanya tindakan dan reaksi  dari orang yang sakit kepada orang lain yang berada didekatnya. Dalam arti baiknya, hal yang sama perlu kita tularkan juga melalui tindakan dan reaksi kita sehari hari terhadap orang lain mulai dari rumah tinggal sampai dengan lingkungan kerja kita. Ataupun dimana saja kita ada saat itu.***

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ada yang salah ketik ya, seharus nya Penggunaan kotak atau tempat makan dan minum berbahan sehat..bukan serat.

Posting Komentar