Blogger Tricks


0

Belajar Sampah dari Swiss

Riau Pos - For Us Sabtu, 10 Maret 2012 ,
 Bedizaro
Laia S.S
Karyawan Bumbu Desa/ Hotel Drego

   Sampah merupakan salah satu benda yang bisa mengganggu keindahan alam, kebersihan lingkungan,ketentraman masyarakat. Bahkan sampah ini juga cukup berbahaya. Dari beberapa negara yang pernah saya jalani dan lewati diantaranya Singapura, Prancis dan Italia maka hanya satu negara yang yang menurut saya paling bersih yaitu Swiss.

    Bayangkan saja puntung rokok pun susah untuk ditemui di sini, baik itu di jalan maupun di tempat-tempat umum. Ini tentu tidak terlepas dari kesadaran yang tinggi serta tanggung jawab yang besar dari setiap masyarakat di sana mengenai kebersihan lingkungan.

   Di negara ini setiap sampah selalu dipisahkan misalnya organik satu tempat, lalu ada juga tempat sampah khusus untuk plastik, botol, kaleng  dan lainnya. Masing-masing dipisahkan pada tempat tersendiri.
Bahkan pemerintahnya pun menyediakan tempat sampah dimana-mana terutama di tempat-tempat umum. Sehingga setiap orang tidak lagi membuang sampah  sembarangan. Dengan demikian maka kebersihan lingkungan akan tetap terjaga.

    Pernah saya bertanya kepada salah seorang warga negara Swiss. Mengapa di sini tidak seorangpun membuang sampah sembarangan? Dan jawabannya sungguh luar biasa. Menurutnya selembar bungkus permen jika dibuang di sembarang tempat itu maka akan bisa menghancurkan masa depan beberapa keturunan karena bisa mencemarkan lingkungan dan sangat berbahaya.

   Tentu akan timbul sebuah pertanyaan, apakah di Indonesia khususnya di Pekan Baru bisa kita lakukan hal yang sama seperti di Swiss? Memang melakukan ini tidak gampang. Tetapi saya yakin, jika kita mau, sadar dan memulai dari diri kita sendiri menjaga kebersihan lingkungan masing-masing pasti bisa. Mereka manusia dan kita juga sama dengan mereka. Tak ada perpedaan hanya masalah pemikiran dan kemauan saja. Kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke Swiss untuk belajar mungkin kalau pernah ke Singapura bisa kita lihat bagaimana kebersihan di sana. Selain itu juga ada salah satu contoh kota yang lumayan bersih di Indonesia yakni kota Padang. Mungkin kita bisa belajar dari sana yang juga merupakan tetangga kita.

   Menurut saya ada beberapa hal yang harus diterapkan di masyarakat ini untuk menanggulangi permasalahan sampah yang memang tidak akan ada habisnya. Pertama, mari kita mulai dari diri kita sendiri untuk membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Jangan kita berpikir bahwa membuang sampah adalah hanya tanggung jawab dari Pemerintah tetapi tanggung jawab kita semua. Selain itu bisa juga dengan melakukan penyuluhan di tempat-tempat umum untuk membuang sampah di tempatnya misalnya di sekolah, tempat-tempat ibadah, melalui LSM, organisasi dan lainnya.

   Tak hanya itu saja pengadaan tong sampah sebaiknnya tepat sasaran, baik itu dalam penempatannya dan juga pemilihan bentuknya. Misalnya saja pemerintah perlu menyediakan tong sampah di tempat-tempat umum dan samping jalan yang sering dilewati masyarakat umum.

   Lalu, yang paling penting kita semua baik masyarakat awam, pemerintah, swasta serta organisasi-organisasi yang ada saling bahu membahu dan bekerja sama untuk menjaga kebersihan lingkungan kita masing-masing.
Semoga dengan belajar dari sekitar kita, maka lingkungan ini akan menjadi semakin bersih dan asri dibandingkan sebelumnya.***

0 komentar:

Posting Komentar