Blogger Tricks


0

Our Green Inspirations: Joseph J. Romm , Jaga Lingkungan dengan Tulisan

Riau Pos - For Us Minggu, 08 Januari 2012







                Joseph J. Romm atau yang lebih dikenal dengan Joe Romm lahir pada tanggal 27 Juni 1960. Romm kecil dibesarkan di Middleton, New York. Ayah seorang manager editor, Al Romm. Ibunya juga seorang penulis, Ethel Grodzins Romm. Setelah menyelesaikan studinya di Middletown High School, Romm melanjutkannya di Massachusetts Institute of Technology.
                Setelah menyelesaikan Phd nya pada tahun 1987, Romm bekerja sebaga asisten khusus untuk keamanan internasional di Rockefeller Foundation. Lalu, dari tahun 1991 sampai 1993 ia menjadi peneliti di Institute Rocky Mountain. Berangkat dari sini dia melakukan analisis lingkungan pertama dari sistem bahan bakar untuk Global Environment and Technology Foundation.
                Sejak itu, ia juga mulai menulis buku tentang lingkungan. Salah satunya diterbitkan pada tahun 1999 dengan judul Cool Companies: How the Best Businesses Boost Profits and Productivity by Cutting Greenhouse Gas Emissions. Buku tersebut menjadi acuan terbaik perusahaan dengan teknologi maju untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.
                Kemudian, sejak tahun 2006 Romm menjadi Senior Fellow di Center for American Progress. Di  sini ia memelihara dan menulis blog tentang iklim. Kemudian, pada tahun 2008 majalah Time memasukkan blog Romm ke dalam “Top 15 Situs Web Hijau”. Menurut majalah Time, Romm menulis dengan analisis yang tajam dan asli. Argumen yang digunakannya kuat dan berkesan serta bisa memunculkan tindakan yang luar biasa untuk menghadapi pemanasan global.
                Ternyata tulisan Romm berdampak banyak. Ia beberapa kali bersaksi pada Komite Kongres tentang Energi dan Isu pemanasan global. Ia juga menawarkan padangan pada pemerintah untuk bisa mengekang pemanasan global. Misalnya, pada bulan April 2010 Romm bersaksi di depan the Ways and Means Committee of the U.S. House of Representatives tentang cara mengoptimalkan Energy Tax Incentives Driving the Green Job Economy.
                 Tak hanya itu saja tulisan Romm pun banyak dikutip oleh berbagai kalangan. Bahkan wartawan pun banyak mewawancarainya untuk menjelaskan tentang permasalahan lingkungan. Seperti pada tahun 2011, Washington Post meminta persetujuan Romm untuk mengguakan literatur ilmiahnya tentang perubahan iklim.
Bukunya yang terakhir berjudul Straight Up sebagian besar diisi berdasarkan postingan tulisan blognya terkait dengan isu perubahan iklim. Buku ini rilis pada April 2010. Romm juga mengisi seminar pada KTT Green Car yang diadakan Washington Auto Show. Berangkat dari sini juga, maka Romm pun terpilih menjadi The Heroest of Environtment 2009 versi majalah Time. Blognya, thinkprogress.org termasuk ke dalam 25 daftar Blog Terbaik 2010 Majalah Time. So, keep writing and lets save the earth, guys! (afra-gsj/int/new)

0 komentar:

Posting Komentar