Blogger Tricks


0

Save The Earth

Riau Pos - For Us Minggu, 01 Juli 2012
Memelihara Lingkungan Semenjak Usia Remaja

Lingkungan hidup merupakan tiang penyangga dan penyeimbang dunia untuk kestabilan. Di Negeri ini, lingkungan sudah banyak yang rusak karena minimnya kesadaran masyarakat untuk melestarikan dan mencintai lingkungan sehingga berdampak buruk terhadap masyarakat.
Dampaknya dapat dilihat dengan banyaknya bencana alam yang terjadi di dalam negeri. Dampak ini hendaknya menjadi pemikiran masyarakat untuk mencari akar permasalahannya dan segera melakukan bentuk antisipasi.
Di dalam masyarakat bentuk antisipasi sudah seharusnya ditanamkan dan diajari sejak dini yaitu dalam melestarikan dan menjaga lingkungan sehingga saat besar nanti akan semakin tumbuh kesadarannya untuk  me¬lestarikan dan menjaga alam .
Kenyataannya sekarang banyak orang tidak mendapatkan atau melewatkan pengajaran masa dininya tentang bagaimana melestarikan dan menjaga lingkungan sehingga pada saat mereka telah besar tidak terlalu tahu bagaimana cara untuk melestarikan dan menjaga lingkungan. Mereka yang baru menyadari betapa pentingnya menjaga lingkungan akan mempelajari dan mencari tahu tentang bagaimana menjaga lingkungan.
Biasanya pada saat itu umumnya berstatus remaja, meskipun banyak orang yang sadar sewaktu mereka tua. Mereka sadar setelah menerima dampak buruk dari ketidakpedulian mereka dahulu terhadap lingkungan. Mereka yang telah sadar kebanyakan hanya bisa menyesali yang sudah lewat, tidak ada sikap membantu untuk memperbaiki lingkungan yang rusak. Mereka kebanyakan hanya berpangkutangan melihat apa yang akan terjadi selanjutnya dan memberikan harapan kepada generasi yang akan datang.
Di zaman sekarang ini remajalah yang paling banyak menyadari bahwa melestarikan dan menjaga lingkungan penting. Walaupun beberapa dari mereka lebih banyak yang tidak mau memelihara dan menjaga lingkungan.
Remaja adalah sosok orang yang memiliki usia masih tergolong sangat muda serta mempunyai masa depan yang masih panjang. Sebuah usia yang mengerti arti pentingnya menjaga lingkungan dan berpotensial dalam membangun dan menjaga lingkungan hidup yang kini semakin rusak .
Dengan usia yang masih muda tersebut, diharapkan dapat hidup dengan memberikan pembelajaran lebih kental lagi melalui pendidikan di lembaga sekolah maupun pendidikan non formal lainnya .
Sebenarnya penglibatan remaja dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan hidup sangatlah ideal. Oleh karena itu perlu disadari dan menjadi catatan bersama bahwa penglibatan remaja dalam melestarikan alam sejak masa remaja sangatlah penting dan sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan lingkungan, sekarang dan yang akan datang .
Agar remaja bisa terlibat aktif dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan yang baik, remaja harus dibekali secara cukup tentang pengetahuan, kesadaran dan keterampilan tentang bagaimana menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Bila ini dilakukan sejak dini, kita yakin masa depan lingkungan dan kondisi alam bisa lebih baik ke depan.
Untuk itu melalui kegiatan di sekolah-sekolah siswa perlu diajak untuk melakukan kegiatan penghijauan, perawatan terhadap pohon yang telah ditanam serta menjaga kebersihan lingkungan,  agar timbul kesadaran bagi mereka untuk melestarikan lingkungan hidup terutama pada tempat tinggal masing-masing.
Kiranya untuk dapat melaksanakan semua kegiatan dalam upaya pelestarian lingkungan itu ada tiga hal yang menjadi catatan untuk kita semua, yakni 3D - Dimulai dari yang kecil, Dimulai dari diri sendiri, Dimulai dari sekarang .
Catatan penting lainnya adalah tidak peduli sejak kapan seseorang menjaga lingkungan, baik sejak dini ataupun  saat masa remaja dan dewasa yang penting akan selalu menjaga lingkungan sampai nanti.***

0 komentar:

Posting Komentar