Blogger Tricks


0

Save The Earth

Riau Pos - For Us Minggu, 01 Juli 2012
Harus Pintar Gunakan Listrik

Kehidupan modern ini tidak akan terlepas dari yang namanya listrik dan alat-alat elektronik. Dan ini tentunya juga berhubungan dengan penggunaan listrik yang menjadi sumber energi dari barang-barang elektronik tersebut.
Namun, tetap saja kita harus memperhatikan penggunaan listriknya. Ada beberapa cara untuk menghemat penggunaan listrik tersebut, terutama dalam penggunaan di rumah tangga. Seperti menyesuaikan kebutuhan penggunaan listrik kita dengan daya listrik yang digunakan, misalnya rumah tangga kecil cukup menggunakan daya 459 VA saja.
Hal lain yang tidak kalah penting adalah menyesuaikan kebutuhan kita dengan pilihan alat-alat elektronik yang kita gunakan. Misalkan, jika dirasa belum membutuhkan Air Conditioner (AC) dan masih cukup dengan kipas angin saja, tidak ada salahnya kita hanya memakai kipas angin saja, benar bukan?
 Kemudian hal lainnya yang juga penting adalah dalam berperilaku. Dalam menggunakan listrik kita juga harus memperhatikan perilaku kita. Dalam hal ini kita harus membentuk perilaku yang hemat listrik. Misalnya saja dengan menggunakan peralatan listrik yang diperlukan saja. Jadi jika siang hari kita tidak harus menyalakan lampu, cukup dengan menggunakan penerangan dari sinar matahari saja. Seterusnya bisa juga dengan menggunakan peralatan listrik secara bergantian atau bisa dengan mencabut berbagai colokan alat-alat listrik yang tidak dipergunakan. Ini yang biasanya lupa kita lakukan.
Selain itu kita juga harus pintar dalam memilih berbagai alat-alat elektronik. Pilihlah alat-alat elektronik yang menerapkan prinsip hemat energi. Tidak susah bukan, yang terpenting itu adalah niat yang tulus untuk “pintar dalam menggunakan listrik”. Maka, mari mulai dari diri sendiri dan sejak saat ini. Go Green!***

0 komentar:

Posting Komentar